Friday, September 18, 2020

About My Late Dad

Kalau cerita soal almarhum Bapak, nggak akan lupa betapa posesif beliau sama saya. Mungkin karena nggak tahu cara menunjukkan rasa sayang dgn manis atau dgn bunga2... caranya mencintai saya sangat kaku dan model siap grak maju jalan. Gimana coba bisa aplikasi afeksi dengan gaya baris-berbaris ala tentara?
Saya berteman dengan keluarga di medsos. Jadi waktu dua posting soal si dia ada di FB, Mama pun langsung tahu saya cerita soal siapa. Oh ya, Mama kenal kok sm obyek cerita itu. Sangat kenal. Saya mmg selalu kenalin siapa saja yg sedang dekat dgn saya pada keluarga. Hal ini sudah dilakukan sejak duluuuu sekali, sejak pacar pertama.
Dulu, kalau dekat dengan cowok, dan dia mau diajak ke rumah, pasti kenalan sm Bapak. Waktu salaman, pertanyaan Bapak sudah pasti, "Sekolah di mana, Dik?"
Kalau si cowok menyebut nama sekolah yg nggak bunyi di telinga Bapak, silakan duduk di teras aja ya maaaasss.... Yg lolos bisa langsung masuk ruang tamu adalah mahasiswa UI atau ITB. Hahahahahaha....
Suatu masa, saya pacaran sama kakak kelas di sekolah. Orangnya pinter dan menarik sekali di mata saya. Jago main musik pula. Kelar kan... bikin saya meleleh berderai2....
Kenalan sama Bapak kayaknya aman2 saja, tapi setelahnya, Bapak selalu uring2an kalau saya pergi sama si mas. Melarang langsung juga nggak, tp keliatan nggak seneng. Diskusi? Hmm... Bapak bukan model yg mau ngobrol2 gitu. Kaku. Jadinya? Ya setiap saya pergi, pulangnya pasti nggak diajak omong. Sampai besoknya. Saya? Ya ikutan nggak ngajak omonglah... hahaha... gengsi dong mau ngobrol duluan. Gitu aja terus sepanjang umur saya pacaran sama si mas itu.
Belakangan, saya baru sadar, jangan2 Bapak visioner. Mas pacar yg dulu saya puja itu mmg pinter dan juara, tp ya seniman banget yg nggak ketebak besok mau apa dan ngapain. Bisa tiba2 iseng jualan reptil, jadi pelukis, jadi penyanyi.... Update dari dia sekarang sering bikin saya kaget2 krn sangat nyeleneh sak enak udele dhewe. Meskipun mungkin seru, tapi kayaknya memang saya gak akan tahan dgn gaya hidup ga beraturan spt itu. Jalan hidup yg dia pilih sungguh bukan untuk semua orang, dan Bapak kok kayaknya sudah tahu, makanya sangat nggak menerima dia.
Ya ya ya... skrg baru paham kalau orangtua posesif pasti ada alasannya. Meskipun cara komunikasinya suka jaka sembung alias nggak nyambung... bukannya diskusi kok malah ngambek. Hahahaha....
Al Fatihah buat Bapak.
Hi, Dad, hope you're having fun up there, while we're doing great here as well. And missing you always ❤️

No comments: