Friday, October 09, 2015

Yogyakarta

Short trip ke Yogya minggu lalu spt mau membuktikan kalau Yogya skrg penuhnya minta ampun yaaaa.... Hebat lah wisatawan non stop ke Yogya. Penerbangan weekend selalu penuh. Semoga menaikkan ekonomi lokal ya. Amin.

Ke Yogya kemarin sebetulnya bekerja. Tp setelah memecut tim spy kerja lebih cepat, bisa selesai jauuuh lebih awal dari jadwal, jd punya sekitar satu malam dan satu pagi untuk dihabiskan jalan2. Bebas. Hore! Hidup tim!

Sore dihabiskan di kawasan Candi Ratu Boko. Kawasan... krn memang nggak naik ke candi. Ada temen yg niat banget mau curhat, di sana. Untung pemandangan bagus. Menarik lihat sunset dari sana. Di cafe-nya, makanannya murah pol. Trus sambil makan diiringi mocopatan. Ayem tentrem.
Curhat selesai begitu matahari tenggelam. Ayuneeee.... Habis itu langsung ke "RT" sebelah: Candi Prambanan. Jadwal malam itu adalah nonton Ramayana.

Jadi ya, selama ini mau nonton Ramayana nggak jadi2. Kemarin akhirnya kesampaian. Full house lho. Membanggakan sekali. Teaternya lapang dan latar belakang candi Prambanan itu memang bikin jd mistis gimanaaa gitu.

Ceritanya ya tentang Rama & Sinta yg sampai ke Hanoman obong lalu ditutup dengan Sinta obong itulah. Narinya bagus (pengen ikut). Trus rombongan raksasa dan rombongan monyet jg bagus. Musiknya bagus. Dan kemarin kebagian yg full story, jadi waktu Hanoman obong, beneran ada api unggun besaaaaar banget! Senenglah bisa nonton kesenian Indonesia. Tiketnya murah banget utk ukuran pertunjukan sebagus itu.

Jam 10.30 sampai hotel lagi... laper... Yg lain juga masih rusuh... maklum anak muda hahahaha... Kebetulan kemarin itu ada perayaan ulang tahun Yogya ke 259. Ada panggung di Monjali. Dari hotel tinggal jalan kaki. Para anak muda itu semangat mau terjun ke keramaian. Baiklah... tantemama penasaran juga sih. Sekalian cari makan, gimana? Bosanlah yaaa... makan di hotel melulu....

Ternyata memang semua manusia Yogya hari itu tumpah di jalan Malioboro dan sekitarnya sampai ke Monjali. Waktu kami lewat, di panggung ada Gareng Petruk. Lucu (kalau ngerti ngomongnya apa). Meskipun ada hiburan lucu, nggak lupa kalau lapar. Hahaha... memang blm sempat makan malam yg proper... Eh... kok pas di depan ada angkringan KR. Waaaah... nasi kucingnya ada bbrp macam... pelengkapnya lbh hore lagi... segala sate dan sambal.... Silakan lho kalau mau kalap.

Gue pamit pulang stlh selesai makan. Maaf deh, umur nggak bohong.... Rasanya sdh ngambang2 gitu. Mending aktivitas pagi deh. Hahaha... Janjian paginya mau ke pasar Kranggan.

Tengah malam jam 2, gue sakit perut! Waduuuuuh... tertuduhnya adalah menu angkringan. Atau badan gue memang mulai rontok? Entahlah... tp diare tuh sungguh gangguuuu... sdh berencana mau nginep di toilet aja. Sambil mikir2 kalau sampai jam 7 masih rusuh... kayaknya hrs beli diapers buat perjalanan pulang.

Alhamdulillah bangun subuh sdh gembira lagi. Perut nggak rewel. Lancar. Asyiiiik... lanjut dgn rencana pasar Kranggan. Krn semalam hbs pesta pora, jalanan banyak sampah. Huh... di mana2 kok sampaaaaah aja masalahnya. Nggak guna banget sih sekolahnya...

Sampai pasar Kranggan... tujuan utama sebetulnya adalah tukang jajanan. Hmm... tapi sampai sana lgs galau krn ingat pengalaman semalam yg nyaris nginep di toilet... huhuhu.... Pdh jajanan yg digelar betul2 menarik! Warna warni seruuuu.... huhuhu.... Tahan diri. Tahan diri.... Akhirnya beneran nggak berani beli apa2. Lihat2 saja. Dan menikmati Yogya lewat telinga: dengerin orang ngobrol bahasa Jawa.

Setelah dari pasar Kranggan... balik hotel... check out... lalu ke Wahyu Austin. Apakah itu? Ternyata di Yogya nggak cuma ada bakpia yg utk oleh2. Ada rollcake lembut lezat ciamik... kemasannya pun manis.... Namanya Wahyu Austin. Di daerah Sleman. Baru tahuuuuuu.... Sempat beli bbrp utk oleh2. Habis itu tnyt masih ada cukup waktu sblm terbang. Akhirnya mampir ke Museum Affandi. Ini juga kunjungan ya sifatnya "ya ampun". Artinya kurang lebih... ya ampun... sekian lama mondar mandir Yoyga, akhirnya masuk juga ke Museum Affandi. Hahahaha.... It was good, as expected. Menyenangkan sekali "dijamu" lukisan2 bagus begitu (masih ada yg dijual, minimal 4M, berminat?). Gue sih menikmati warna warni Affandi (&Kartika) saja. Ini rasa ayemnya beda lagi....

Jadi, begitulah report kegiatan Yogya. Lumayan jd break di tengah kerusuhan. Trus... tumben ya bikin report begini? Hahaha... maaf pemirsa, sesungguhnya ini mengisi waktu luang in between pemotretan majalah. Hehehe....Let's go back to the venue!

No comments: