Thursday, August 01, 2013

Ramadhan, Hari Ini, Dulu....

Semalam sempat diskusi singkat dgn OmD soal Ramadhan. Sumpah singkat bgt krn ketemunya jg cuma 3 jam (huhuhuhu). Lha, kok curhat....

Duluuuu sekali, Ramadhan tidak ramai di televisi. Kalau bulan puasa, yang ramai ya masjid dan rumah. Tiap sahur, nggak ada tv ketawa2 dgn OVJ atau kartun. Paling hiburannya radio, yg isinya pun ceramah agama. Di rumah gue paling sering dengerin pak Kosim Noorseha (yg mana langganan dipanggil cemarah di RS tentara....). Trus waktu buka, semua sekeluarga kumpul, buka bareng di rumah. Ga perlu ada special ini itu, memang yg wajar ya buka bersama keluarga. Trus habis makan, tarawih di masjid. Semua orang akan duduk manis, dengerin ceramah (atau ngobrol sendiri sementara anaknya kerja2an di halaman masjid hahahaha tp pokoknya absen sama pak imam). Sekolah kayaknya slowing down waktu puasa. Pulang lebih cepet dan kegiatannya nggak terlalu hore.

Sekarang? Hyuuukkk.... sahur pagi di rumah tuh ribet krn papap pengen nonton OVJ sementara anaknya pengen lihat cartoon network. Dan buat cari gara2 aja sih sama Aria hahaha.... as if I didn't know....  Jd waktu sahur ini nggak lagi diisi dengan siraman rohani. Ya makan biasa aja.... sambil nonton tv.

Kantor di Jakarta memang memulangkan karyawan lebih cepat (hitungannya krn waktu makan siang 1 jam nggak dipakai). Tapi siapa yg sanggup ada di rumah waktu buka? Gue acung jempol utk mrk yg bisa on time buka puasa di rumah, Jakarta macetnya gila2an begitu. Akhirnya orang memilih buka di kantor, lalu baru pulang setelah sholat maghrib. Tarawih di mana? Sendiri aja deh di rumah. Krn sdh kemalaman, yg di masjid udah bubaran.

Sekarang juga di kantor trend-nya mau libur lebaran justru semakin hore kerjaan. Apalagi model pekerjaan seperti gue, yg menghamba pada klien. Semua klien maunya majalah siap sblm cuti bersama. Akhirnya, bukannya malah slowing down, justru tim di kantor ini harus speed up lbh kenceng, stay at the office longer. Jgn harap bisa buka puasa di rumah, bisa tarawih sblm jam 11 aja udah bagus banget. Seringkali sampai rumah sdh setengah pingsan kelelahan. Trus jadinya malah jengkel waktu masjid di dekat rumah bangunin sahur krn rasanya gangguuuuu banget mengingat tidur baru 2 jam saja.

Bbrp hari lalu gue sempat terawih di masjid dekat rumah. Ternyata ya, skrg ini kalau lagi ceramah, varian kegiatan jamaah makin bertambah... dgn main candy crush (atau game lain di smartphone). Kasihan ya.

Allah SWT melipatgandakan semua amal yang dilakukan di bulan Ramadhan. Semua rasanya tahu itu. Jadi semua jg berusaha "menabung" amal baik sebanyak2nya. Seharusnya, sholat yg tadinya bolong2 jd rapi jali. Sahur bareng keluarga sambil berdoa sama2. Dari imsak ngaji sambil nunggu subuh. Trus buka puasa sama keluarga, dengerin siraman rohani (makanya di tv suka ada kultum yg bagus2). Tarawih manis2 di masjid, berjamaah, denger ceramah.  Insya Allah pahalanya berlipat ganda. Sebetulnya kantor2 jg sdh maklum, dengan memberi kelonggaran pulang lebih cepat. Beberapa tahun lalu, masih ada teman gue yg itikaf, berpindah masjid untuk tarawih, tadarus, nginep di masjid, mendalami agama, terutama di 10 hari terakhir puasa.

Sayangnya, masyarakat modern mulai kehilangan kesempatan menabung amal baik banyak2 spt dulu. Ini cobaan sih. Gimana berkompromi dgn kondisi sekarang yg butuh makin banyak waktu di jalan? Kita butuh istirahat lbh lama. Semua ada keperluan punya gadget yg akhirnya menggoda utk main game di waktu luang (dan bukannya buat mengaji). Setiap hari disodorin tontonan hura2 di tv yg sama sekali nggak ada hubungannya sama keimanan dan dgn alasan biar nggak ngantuk akhirnya kita milih tontonan yg ngajakin kita ngakak timbang yg ngajarin berdoa. Kalaupun buka bareng temen, hasilnya adalah hura2 kumpul di mal, bukan yang dgn khusyuk dan syahdu mensyukuri nikmat bulan puasa.

Cobaan Ramadhan yang semakin berat menimpa orang2 modern. Terus terang, gue nggak tahu caranya gimana menyikapi ini.


1 comment:

Bijaksana is ... said...

yup emang begitu lah tipi kita skrg