Tuesday, July 09, 2013

Mari Puasa

Sudah Ramadan lagi....

9 tahun lalu, Aria hadir pas Ramadan juga :)

Seinget gue, sudah 3 tahun terakhir Aria ikut puasa. Krn dia sekolah di sekolah Islam, semua temannya puasa, dia pun akhirnya terpaksa puasa. Awal2 dia puasa, godaan terbesar utk batal justru dari eyang Titik yang kasihan karena cucunya kelaparan dan kehausan. Tp bukannya itu intinya puasa? Belajar merasakan lapar dan haus.... Jd agak ngotot2an gue biarkan Aria puasa sekuatnya. Jam 5 sore sih bisa dipastikan dia akan spt mainan kehabisan baterai. Diem aja. Goler2 di atas lantai. Atau berendam di ember besar di kamar mandir. Bebas lah. Yg penting nggak batal.

Dua tahun terakhir sih dia berhasil puasa full satu bulan. Alhamdulillah. Terserah deh ya, motivasinya apa. Apa karena Nintendo... lalu thn lalu Nintendo Wii... ya yang penting dia berhasil puasa. Bangga lho... secara simboknya ini baru bisa puasa full stlh kelas 6 SD hahaha.....

Sebenernya kalau Aria puasa, artinya juga tambahan kerusuhan buat ibunya. Anak semata wayang ini susah makan nasi. Padahal kalau sahur tanpa karbohidrat kan ya lemes dong seharian. Dan dia sangat susah makan sahur. Selama ini pun dia kan makan tanpa jadwal... sesuka hati karena konon itu yang bener. Mengikuti jadwal badannya dia kapan lapar kapan kenyang. Kalau sehari-hari sih damai ya... kapan pun dia lapar, bisa langsung makan. Nah, kalau puasa kan nggak gitu....

Jadilah setiap sahur gue akan menjadi mesin penyuap. Dia akan tetep merem, dan gue suapin makanan. Proses sahur Aria ini makan waktu agak lama. Dari mulai bangunin tidur, jalan ke meja makan, makan, gosok gigi, tidur lagi.

Oh ya, makanannya pun spesiaaaaaal.... hahaha.... Nasi adalah pilihan terakhir, tahun lalu sama sekali dia nggak makan nasi sebulan. Pasta dan pizza adalah idola. Lainnya... paling roti. Jd hrs niat banget ibunya sblm tidur ngeracik pasta atau pizza, spy pas sahur bisa langsung masuk oven. Atau masak sup, spy bisa dimakan sama roti. Minum susu. Duh ribetnya krn hrs siapin makanan khusus.

Pendek kata, seru banget deh sahur dgn Aria. Krn stlh beres dgn dia, biasanya gue hanya punya waktu dikit banget utk makan sblm imsak. Nggak tau sampai kapan ini kerusuhannya. Kadang gue juga bertanya-tanya sih, untuk apa to... semua ini? Kan ya bisa aja Aria gue biarin nggak puasa. Toh nanti kalau dia malu sama temen2nya, dia akan puasa sendiri (spt gue dulu). Tp kayaknya gue bertahan deh dgn kerusuhan ini. Krn gue lihat Aria kalau hbs Ramadan lebih sehat dan lebih segar. Perutnya kempes, pipinya tetep cempluk tp terlihat sehat dan ringan. Dan lagi gue jg merasa harus mengajarkan dia hal2 yang baik (secara agama) lbh baik dari yg gue pelajari dulu.

Baiklah... selamat puasa ya. Semoga lancar sampai lebaran. Amin.

No comments: