Thursday, March 17, 2011

Our House.... The House

Waktu dulu beli rumah di BsD... membayangkan suatu saat akan tinggal di rumah mungil berdua dgn Aria. Makanya sengaja cari rumah cluster, yg pakai satpam di gerbangnya, spy nggak perlu cemas kalau misalnya ninggalin Aria waktu gue kerja. Rencana yg mantap.

Suatu ketika, Papap pulang for good, berhasil mencairkan uang asuransi dia di Singapura. Trus, dia lihat tanah di sebelah rumah, masih available. Dia beli. Bayangan gue langsung makin manis... tinggal di rumah mungil dgn halaman maha luas. Di sudut. Ciamik.

Ternyata, ketika ide pindah rumah keluar pas Aria masuk SD (biar pas gitu), tahu2 eyang goncang. Ya sdh kebayang sih akan sulit buat eyang lepas dr berlian cimuk, tp nggak kebayang bhw akhirnya.... eyang memutuskan jual rumah dan ikut pindah! Hahahahaha.... Jd eyang jual rumah, ngasih uangnya ke Papap, suruh bangun rumah di kavling sebelah. He? Pdh waktu itu sdh 6 bln lagi sblm tahun ajaran baru. Dan Aria blm SD jg sih. Aneh lah pokoke.

Akhirnya malah lucu krn tiba2 rumah eyang laku pdh rumah BSD blm siap huni. Halaaaah.... jadilah ngontrak dulu hampir setahun.

Iyaaaa.... Papap mana mungkin bangun rumah 'biasa'. Mustahil. Yg ada dia bongkar rumah gue, dia sisakan HANYA sepotong closet duduk di tempat semula. Yg lain dia bongkar. Habis. Musnahlah rumahku....

"Kamu harus punya rumah yg bagus," kata Papap waktu gue komplen kok rumah gue ikut diambrukin. "Rumah ini akan masuk banyak majalah dan dibicarakan."

Dasar khayalan arsitek. Sak karepmu.

Gue masih inget waktu proses gambar rumah, spt biasa Aria ikut cawe2, trus dia bilang, "Aku mau prosotan. Aku mau prosotan. Jd kalau pagi2 mobil jemputan sekolah datang, aku bisa merosot spy cepet turun dr kamarku."

Daaaaan... prosotan itu terwujudlah. Dr lt.2 ke lt.1. Dibuat dr beton solid. Yg makan semen entah berapa karung. Sempat bongkar pasang bbrp kali krn nggak sesuai dgn keinginan prosotan silinder. Akhirnya jadi juga.

Terus terang, rumah dgn prosotan solid ini memang ajaib bentuknya. Selain semua dibuat dr beton, termasuk atap pun beton, desainnya malu2. Jd di depan nggak ada jendela besar, tp di belakang kaca semua jd 'bolong' dan terang benderang. Prosotan dr luar rumah akan kelihatan seperti silinder nggak jelas. Sama Papap, di bawahnya dibangun kolam ikan yg lebar banget, jd pantulan silinder nggak jelas ini akan seksi sekali di atas air. Hmmm... daya khayal yang mantap!

Sakin banyaknya semen dan besi yg dipakai utk rumah ini...jg kamar krn 4 kamar mandi dan 2 dapur artinya pengeluaran yg luar biasa.... tabungan gue dan Papap ludes. Beneran duit habis bis bis... sampai skrg blm bisa bikin lemari. Hehehehehe.... Babak belur deh pokoknya. Sisa tabungan gue hanya bisa buat beli ranjang & kasur ukuran queen plus AC. Bahkan kamar Aria pun blm jadi tuh sampai skrg. Alon alon asal kelakon.

Sejak pindah ke rumah itu setahun lalu.... rumah itu sdh bbrp kali jd 'objek wisata' :D Bbrp mahasiswa sering dateng di sabtu atau minggu, utk lihat2. Kadang2 ada org lihat dr google 'Play House' trus telp Papap, diajak mampir. Rumah sdh dimuat di bbrp majalah, terakhir jd cover GriyaAsri. Hampir semua majalah arsitektur memuatnya. Entah dari sisi Aboday, sang arsitek, atau dr rumahnya sendiri. Pokok bahasan apa lagi kalau bukan si prosotan gembira. Oh ya, rumah jg berhasil dpt penghargaan di London, trus masuk dalam buku Exceptional Dwelling. Ada satu fotografer arsitek, Iwan Baahn -semoga ga salah tulis namanya, yg dateng khusus utk motret rumah bsd. Imelda Akmal si penulis arsitektur populer itu sdh bbrp kali datang ke rumah....

Yg seru.... Sabtu besok rumah itu jd objek tinjauan (katanya) 100 arsitek anggota IAI. Saking banyaknya yg mau dateng, sampai ada EO yg khusus mengurus mrk. Dan akhirnya diputuskan mobil2 tdk boleh masuk cluster, silakan parkir di lapangan lalu jalan kaki. Hahahahaha.... kayaknya lucu jg ya kalau gue ngojek... 5000 per orang, kali 100. Nah.... yuuuuuk.... hahahaha....

Mbuh wis.

Kemarin ditawarin, kalau mau, keluarga pindah sementara ke hotel spy nggak terganggu. Tp kayaknya gue mau ambil duit hotelnya aja... buat jalan2 sama Aria. Hore....

Yg jelas.... kesampaian cita2 Papap bikin a famous house. Khayalan itu jadi nyata. He must be proud of it. And we are proud of him, definitely.

3 comments:

alaya said...

karena penasaran, tadi di-google pengen liat rumahnya :)
keren banget. really appreciate a house with good design.

btw, i'm an architect too :)

Budiana said...

hi al... ayo main2 ke rumah. tunggu jingga gedean dikit, prosotan yuuuukkkk.... :D

Pipit said...

keren. bangettttttth (habis googling juga). kalau saya nyasar di sekitar situ, trus kehabisan uang, saya mampir minta minum ya, dan nginep sampai budi datang menjemput... :-))