Monday, January 31, 2011

Dulu dan Kini

Minggu kemarin gue ketemuan lagi sama temen satu kampus di UI dulu. Meskipun lain jurusan, tp selalu saja ada yg 'menyatukan' kita. Entah krn temen dia ternyata dekat sama kakak gue, atau malah sahabatnya ternyata bertemen sama mantan pacar gue. Muter2 aja deh pokoknya. Yg membuat kami ended up ketemu lagi ketemu lagi. Waktu dulu jg akhirnya dia jd temen naik kereta pulang pergi jkt-depok.Kebetulan latar belakang keluarga kami nggak beda jauh, yg membuat kami harus rajin2 nyari kerja sambilan, lucu2an tp duitnya lumayan. Sering banget sih jadi LO sama2. Skrg dia tinggal di Ulujami. Amazingly, kadang2 ketemu gue waktu naik kereta pergi atau pulang kantor.

Dulu, inget banget, waktu di kampus, dia termasuk perempuan ambisius. Dia sangat tahu apa yg dia mau dan berjuang keras spy bisa mencapai semua yg dia pengen. Dia yakin sekali suatu saat akan menjadi wanita karier yg sukses, yg akan diwawancara banyak media sbg profil sukses atau semacam itulah. Dan itu terlihat dr usaha keras dia yg selalu mau jd nomor satu soal prestasi sekolah atau saat jadi penerjemah. Sementara gue? Hehehehe... gue adalah orang yg sangat tidak punya ambisi, kalau nggak mau dibilang malas. Hihihihi.... Sementara dia dulu bercita-cita ngantor di segitiga emas (thn 92 gitu kan top bgt kawasan ini!!), gue cukup pengen di rumah aja ngasuh anak jd ibu yg manis. Ahahahahaha.... Trus dia dulu pernah bilang, "Ngapain susah2 sekolah?" Yg gue jawab dengan, "Supaya gue jd ibu yg pintar dong."

Seiring berjalannya waktu, gue mendarat lebih dulu di segitiga emas, ternyata. Begitu lulus kuliah, gue kerja di Rasuna Said. Menjadi jurnalis majalah lifestyle. Dia ternyata diterima di Bali, jd PR salah satu hotel. Saat itu gue sempat ketemu dia di Bali, waktu gue tugas. Hooo yaaa... majalah lifestyle gembira itu sempat membuat gue terbang ke Bali sebulan dua kali :p Dia tampak gembira dgn pekerjaan dia, tetep kelihatan ambisius ingin menembus segitiga emas Jakarta. Dan gue pun tetap dgn semangat alon alon asal kelakon gue, kok ya gue ngantor di tempat yg bisa buat gue jalan2, leyeh2.... ngelamun2 di pinggir pantai... semakin tak ambisius. Hahahaha....

Setelah itu, dia sempat pindah2 kerja bbrp kali, jd penyiar TVRI, lalu bekerja sbg penerjemah utk NGO asing. Gue sih melihat dia hidup dgn senang, berlimpah materi, bisa ke mana2 sesukanya. Sementara gue ttp menjadi jurnalis, tukang ngelamun, yg suka kehabisan duit. Hehehe.... Tapi namanya sawang sinawang, ternyata dia melihat hidup gue lebih 'mulus'. Dia melihat, dr sisi pekerjaan, gue kelihatan ada di jalur yg jelas: dari bawah trus skrg di atas. Sementara dia, dr dulu ya masih spt 'serabutan'. Bisa hari ini ada di Papua, lalu minggu depan di Aceh. Tp bisa juga sebulan di rumah saja krn nggak ada panggilan jd penerjemah. Dia bahkan akhirnya blm jg punya anak saking jadwalnya dgn suami (yg sama2 freelancer) jarang nyambung. Hasilnya sih sama saja, dalam umur skrg, kami masing2 sdh bisa beli rumah sendiri, punya mobil, secara materi cukup. Alhamdulillah. Tapi buat dia ternyata masih ada 'ganjalan.'

Akhirnya keluar jg dari mulutnya, "Kenapa jadinya elu yg berkarier ya? And you made it to the top."

Dan gue ga bisa lain hanya cengengesan. Krn sumpah selama ini gue tdk merasa diri gue berkarier. Hahaha.... Betul, dlm dunia jurnalistik, menjadi pemimpin redaksi adalah jabatan yg paling pol. Dan gue bangga dong jd pemred, jelas. Tp gue kok lebih bangga dikenal sbg ibunya Aria. Gue lbh seneng kalau bisa cerita soal perkembangan Aria (yg kemarin baru cabut dua gigi susu), dr pada cerita soal urusan kantor. Betul, gue bangga kalau lihat majalah yg tim-nya gue pimpin skrg ini mulai terlihat 'warnanya', tapi gue lebih bangga kalau lagi ngambil rapor Aria trus gurunya bilang: "Aria selalu bagus nilainya untuk membaca dan bercerita."

Gue tahu banget sih, gue nggak akan betah lama2 di rumah. Jd ibu rumah tangga spt cita2 gue dulu, kayaknya sih angan2 semu belaka. Krn gue mungkin bisa gila kalau hrs di rumah aja. Tp somehow gue jg nggak terlalu happy kalau dibilang berkarier. Rasanya lbh tepat kalau gue bilang gue ini butuh kerjaan yg menghasilkan uang, bukan karier. Kalau skrg ini gue dibayar utk melakukan sesuatu yg gue senang, menulis, lalu jd yg tertinggi dlm hirarki tulis menulis ini, betulan rezeki yg luar biasa dr Allah SWT. Tp sungguh, gue nggak mengejar embel2 karier yg menyertainya.

Alhamdulillah bhw gue bisa ada di posisi yg skrg ini. Tapi betul deh, gue lebih menikmati kalau boleh kerja biasa aja tanpa hrs ada politik2 bisnis. Tentunya gue lebih menghargai kalau punya banyak waktu yg bisa gue habiskan bersama Aria. Mudah2an suatu saat gue bisa jadi ibu rumah tangga spt yg pernah gue impikan :D

No comments: