Tuesday, June 22, 2010

Jakarta Kotaku Indah & Megah

Hari ini Jakarta ulang tahun yg ke 483.

Pertama kali pindah ke Jakarta tahun 1985, gue tidak suka kota ini. Banyak nyamuk, banyak sampah, bau air asin.... orang2 pun (sepertinya) nggak ramah. Ya iyalah... dibanding sm kota kecil Salatiga nan permai... Jakarta nampak buas sekali.

Bandingannya gini: rumah kami di Salatiga adalah rumah dinas tentara yg besaaaaar, dgn halaman luas di depan dan belakang. Nggak ada pagarnya, jd kadang2 di halaman depan ada tkng buah yg istirahat numpang berteduh. Hawa kotanya dingin. Krn Salatiga kota kecil, dan waktu itu bokap lumayan banyak temennya... jd kyknya ke mana pun kita pergi, semua org akan menegur dan menyapa dengan rama. Pindah ke Jakarta... dgn gaji tentara-nya bokap... yg bisa dibeli adalah rumah perumnas 3 kamar (yg mungkin ukurannya 1/2 rumah Salatiga) halamannya imut, di daerah Plumpang. Panas, tentu. Banyak nyamuk dan lalat. Got di depan rumah pun mampet dan airnya bau. Trus... nggak ada yg mau main kasti atau petak umpet sama gue. Semua anak kayaknya kalau siang dikurung di belakang pagar rumahnya masing2. Trus, untuk pindah2 ke Jakarta ini, bokap menjual mobilnya, jd ke mana2 kita naik bus. Kalau jarak dekat sih gue bisa dibonceng Vespa.

Di mata anak2 yg gue punya waktu itu... Jakarta sungguh tidak menarik. Tp gue sih menjalani dgn senang2 saja kehidupan waktu itu. Waktu sekolah naik metromini jg gembira2 aja... kayaknya jg blm terlalu macet spt skrg. Waktu SMP, dari rumah jam 6 pagi, blm telat kok sampai Cikini. Kalau skrg mungkin perlu 2 jam kali ya. Akhirnya, gue pun tumbuh menjadi anak Jakarta. Waktu pindah rumah ke daerah Kwitang, ke mana2 lebih enak krn dekat. Makin senang. Kuliah di Depok, tetep keluyuran di Jakarta. Waktu sudah kerja, makin deh akrab dengan segala rusuh seru Jakarta. Pindah rumah lagi ke Kalimalang, hanya awal2 aja merasa kejauhan... lama2 biasa. Akhirnya gue beneran menyatu dgn Jakarta. Yg kalau sdh kelamaan di luar Jakarta trus kangen sama macet. Hehehehe...

Tapi sejak ada Aria, gue agak berubah haluan. Macet Jakarta jd nggak seru lagi, krn betulan membuang waktu yg seharusnya bisa gue manfaatkan sama pangeran ganteng itu. Beberapa kali gue coba menjajaki kemungkinan kerja di kota lagi yg lebih 'ramah'. Dan sekalian jg nyari tempat yg mengajarkan bahasa daerah di sekolah, supaya anak gue bisa punya kekayaan pribadi yg langka. Semarang, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Denpasar... diintip, dilihat, ditengok.... Ketemu sama bbrp org2 yg mungkin bisa membuka jalan untuk mewujudkan keinginan gue meninggalkan Jakarta. Entah kenapa...tdk ada satu pun yg menarik hati. Banyak hal yg jd ganjalan... yg membuat gue ragu meninggalkan Jakarta. Apa ya? Nggak tahu. Pdh ada yg pekerjaannya jg sama (memang bayarannya beda banget... hehehe), tp tetep kurang enak di hati....

Akhirnya, Jakarta memang jadi tempat yg paling menarik. Meskipun skrg rumah sudah di BSD, cari uang ttp di Jkt. Tiap hari menempuh macet hampir 3 jam buat pergi-pulang kantor.

Kalau bosen di Jakarta... capek ... ya sudah... liburan saja. Bbrp hari nggak liat macet, nanti kan kangen lagi. Akhirnya seperti nggak punya pilihan untuk mencintai Jakarta apa adanya.

No comments: