Tuesday, September 15, 2009

Tarawih (bersama Pangeran)

Sejak Aria lahir... gue blm pernah tarawih di mesjid. Banyak sekali pertimbangannya -entah bener atau nggak... Pokoknya intinya ga tega ninggalin Aria di rumah, trus jg blm sampai hati buat bawa dia ke mesjid.

Dua tahun terakhir, sejak masuk sekolah, Aria mulai belajar sholat. Trus waktu sholat Ied, Aria diajak. Dan dia jg setahun terakhir suka ikut Papap sholat Jumat. Kesimpulannya, Aria sdh ngerti kalau diajak ke mesjid.

Hari Minggu kemarin, gue seperti kangeeeeen sekali mau tarawih di mesjid. Dr hari Jumat gue sdh bilang ke Aria kalau hari Minggu mau tarawih. Dan dia jg semangat. Gue happy.

Setelah nonton Meraih Mimpi (dan foto bersama Gita Gutawa) hari Minggu siang, minggu malam habis buka gue & Aria (plus mbak-nya) siap2 tarawih. Aria sibuk bgt siapin sajadah mini. Nggak mau pakai sarung jd pakai celana panjang. Lucu lah pokoknya. Gue bawa tas yg selain diisi mukena jg gue isi buku cerita dan mobil2an. Siapa tahu Aria bosen?

Sampai di masjid ternyata msh agak sepi. Dan blm Isya jd ya nunggu. Aria mulai mencari kegiatan. Dia bongkar2 tas mukena. Nemu buku.

"Kok, ibu bawa buku tick tock buat apa?"
"Buat dibaca adik kalau bosen."
"Ooh."

Dia bongkar lagi, nemu mobil.

"Wah, ada pemadam kebakaran!"

Trus dia mulai sibuk main mobil2an. Sholat Isya pun dia nggak mau ikut krn main terus. Ya udah, yg penting dia nggak rewel.

Waktu gue raka'at terakhir, ada yg narik2 sarung gue, "Ibu... aku bosen." Tentu saja gue diam. Trus setelah salam, Aria bilang lagi, "Ibu, aku bosen." "Ya sudah, baca buku saja." Gue keluarin semua buku(ada 4) dan semua mobil (ada 3). "Atau Aria mau main?" "Aku main saja."

Pas tarawih raka'at kedua.
"Ibu... pipis nih... pipis nih."
Jadi sholat gue batal krn hrs nganterin dia ke toilet. Daripada dia pipis di karpet? Note to self: sebelum sholat hrs kasih tahu Aria tempat pipis supaya dia bisa pergi sendiri.

Pas raka'at keenam.
"Ibu, aku main di luar ya. Banyak teman tuh." Trus dia lari aja ngilang. Gue cemas tp tetep lanjutin sholat. Nggak lama, ada yg narik2 sarung gue lagi. "Ibu, sandalku hilang."

Pdh sandal itu dibungkus sama mbaknya, spy nggak ketuker dan keinjek2 org. Eh... anakku nyari2... kasian deh. Habis salam, mbak-nya Aria bantu nyariin sandal. Trus sejak itu Aria entah deh main apa. Kadang suaranya gue denger di teras mesjid, kadang ga kedengeran, kadang kedengeran lewat di depan gue. Ho oh. Sholat gue ga khusu sama sekali krn sibuk mencari suara anak gue.... hehehehe... maaf ya. Ampun Tuhan.

Ternyata bukan cuma gue yg ga khusu, mbak-nya Aria pun nggak tenang. Sebelum witir, dia pindah sholat di teras. "Soalnya kalau di dalam nggak kedengeran si ade." Hahahaha....

Pas pulangnya Aria cerewet sekali cerita ini itu, ada temannya main ini itu... seolah2 nggak ada apa2 yg salah.

Padahal malam itu nggak jelas deh sholat kami berdua ini sah atau nggak. Maaf ya Allah....

No comments: