Wednesday, September 09, 2009

Dua Ibu

Pertama kali gue baca buku Dua Ibu Arswendo, thn 1984. Masih di SD kelas 4 atau 5 gitu. Dulu beli buku itu karena baca di koran buku itu menang salah satu penghargaan sastra. Waktu itu bacanya ya sekadar baca saja. Nggak pake mikirin macem2. Baca terus, meskipun kadang nggak ngerti isinya. Apalagi kalau sdh ngomongin soal seksualitas, mana ngerti?

Trus setelah pindah ke Jkt, buku itu dipinjem tante gue. Dan tidak kembali. Nyebelin sih. Tp ya mau ngomong apa... sdh hilang aja tuh bukunya. Habis gitu, Indonesia gonjang ganjing. Arswendo kisruh. Jd banyak buku2 dia yg hilang dari pasaran, termasuk Dua Ibu ini. Pdh, seiring dgn makin gedenya gue, makin ngertilah gue dgn segala pernak pernik seksualitas... gue pengen baca lagi buku itu. Nggak ada alasan khusus sih, selain ingin membaca dgn lebih gembira.

Lamaaaa sekali gue nyari nggak pernah nemu, sampai kemarin liat di inibuku.com kalau Dua Ibu ada lagi! Tentu lgs order dong.

Buku itu datang nggak berapa lama dr hari gue pesen. Trus lgs gue baca tuntas semalam saja. Heran, gue masih ingat sekali plot buku itu, bahkan lengkap dgn dialognya adegan per adegan. Dan skrg tentunya gue baca dgn lebih senang krn sudah tahu maksudnya kalau pas sampai di bagian2 yang ngomongin hubungan suami istri :D

Dua Ibu betul2 jadi buku favorit gue. Menurut gue, ini adalah karya Arswendo yg paling bagus.


**next 'project' adalah mencari buku Tono dan Tini. Hmmm...

2 comments:

alaya said...

pengen cari bukunya.

Budiana said...

dua ibu? atau Tono & Tini. gue beli Dua Ibu lewat inibuku.com