Friday, August 15, 2008

Trauma

Dulu, awal2 gue masuk kerja thn 97, dr rumah di kalimalang ke kantor di kuningan gue naik mikrolet trus nyambung patas AC. Pulangnya tentu saja kebalikannya.... Semua berjalan aman dan damai... sampai kira2 akhir thn 98, waktu turun dari patas AC malem2 otw home, gue diikuti copet. Gue sebenernya ga gitu nyadar kalau itu copet. Gue kan tipe org yg cuek bin rada autis sama lingkungan sekitar. Kalau jalan ya lempeng aja lurus. Eeeeeh... tiba2 ada org yg sok2 mau jatuh gitu di depan gue. Tp waktu itu gue lgs sadar kalau dia itu jatuhnya bohongan, dan cuma mau nyandung kaki gue. Mungkin kalau gue ikutan kepleset trus jatuh, akan ada temannya yg nyamber tas gue. Berhubung gue lumayan besar... yg jatuh ya dia sendiri lah ya.... Begitu gue liat di berguling dan trus ada org2 lain yg jg waspada, gue lgs setengah lari sampe ke halte mikrolet. Lgs masuk ke mikrolet yg berhenti, ga peduli nomor berapa tujuan mana. Pikiran gue cuma satu: LARIIIIII.... Trus trnyata org yg tadi ngglundung ngikutin! Astaga. Gue liat dia sdh mau masuk mikrolet juga. Tp pas baru lewat pintu, di berhenti, lalu lgs turun lagi. Gue sempat cemas krn gue merasa dia ngejar gue. Jadi waktu dia ga jadi naik... waaaaah... leganya hatiku. Tapi nggak lama, ibu2 yg duduk di dekat pintu masuk teriak2... "waduh, dompet saya mana... dompet saya mana...." Ya ampun, ternyata mas copet itu ga jadi naik krn sdh berhasil nyamber dompet si ibu.... Duuuuuuh....

Sejak saat itu gue trauma naik kendaraan umum. Jd ke mana2 naik taksi yg tentu saja sgt tidak mendukung pola hidup hemat.... Tp ya sudah, yg penting ketenangan batin to? Kebiasaan naik taksi ini makin menjadi pas pulang dr Amerika. Krn terbiasa hidup tenang damai aman... pulang ke Indonesia (Jakarta), jd gampang curiga sama org. Lagi nunggu mobil di depan Carrefour aja bikin gue cemas takut2 kalau ada yg ngincer barang gue. Duh biyung. Kok jd parno? Nggak tau ya. Pokoknya makin nggak mau naik kendaraan umum.... Dan waktu rame2 perampokan di taksi, rasa parno makin menjadi. Maunya naik bluebird. Pdh tentu saja budget transportasi sebulan nggak karuan gedenya. Bayangin aja, terakhir ngantor di Kuningan, kalau naik bluebird dr rumah ke kantor sekali jalan bisa 45ribu. Hitung aja kalau gue hrs ngantor 20 hari sebulan. Edan ya....

Awal2 ngantor di Thamrin, gue jg masih 'nekat' naik taksi. Tp krn jarak dr rumah makin jauh... ya tentu saja argonya makin cihuy dong. Trus suatu hari ada sodara yg 'ngenalin' gue pd taksi Indah family. Kebetulan pool-nya deket rumah di Kalimalang, tarif lama pula. Asyiiiik.... Sejak itu fanatik jd pelanggan IF. Di jalan pun ga ragu berhentiin IF. Sampai suatu ketika ada berita perampokan penumpang IF! HUH! Tadinya gue masih menghibur diri kalau itu bukan sopir yg bener aja... tp... tnyt suatu hari gue naik IF yg supirnya sereeeeem bgt, sudah gitu pas gue liat dia ga punya tanda pengenal! Astaga... rasanya perjalanan gue jd kayak naik roller coaster... deg2an terus.... Untung ga ada apa2. Tp gue jd kapok naik IF krn sadar kalau supirnya ga semuanya bisa dipercaya. Ya kalau tiba2 sopir tembaknya jahat kan apes ya?

Kembalilah ke pelukan bluebird yg mahal itu! Wek!

Sampe suatu ketika gue menemukan bhw mikrolet menarik lagi... setelah ga naik selama 10 thn... gue tnyt ga takut naik lagi. Makin hari makin akrab sama Kampung Melayu jd makin ga takut. Tp krn mikrolet ga ada yg nyampe Thamrin. Gue hrs nyambung lagi pake kendaraan lain. Kalau pake taksi, bluebird, 30 rb. Kalau pakai bajaj? 15 rb. Waaaah... menarik kan.

Akhirnya makin ke sini kok lbh sering naik bajaj... bukan (selalu) krn lebih irit, tp krn yg ada cuma itu. Taksi kosong jarang lewat kampung melayu.... Dan bajaj pun ternyata lebih sigap nyelip2 lho. Hehehehe... meskipun kalau gue jd yg bawa mobil, pasti bajaj itu gue pites krn kurang ajar motong2 jalan.

Semua aman dan damai sampai tadi pagi. Gue seperti biasa naik bajaj. Sampai dekat taman Menteng, kena lampu merah. Berhenti dong. Waktu berhenti itu gue lihat ada cowok berdiri nyandar di pohon di pinggir jalan. Bajunya bagus, tp ga pake alas kaki. Gue liat dia bawa bohlam kecil di tangannya. Kok rasanya gue nggak enak ya? Krn org itu aneh, agak celingukan gitu. Tp ya sudahlah. Gue kembali ke sikap autis. Eeeeh... pas lampu ijo dan si abang bajaj sdh siap jalan, tiba2 org-tanpa-alas-kaki itu nglempar bohlam yg dia bawa tepat di depan bajaj. Trus dia lgs berhentiin bajaj sambil jongkok di depannya! Abangnya tentu saja bingung krn ga jelas org itu mau ngapain. Org itu nunduk2 sambil teriak2 "uang saya jatuh nih. uang saya jatuh nih." Gue langsung cemas. Gila itu org ngapain sih!?!?!!!! Gue udah siap2 aja mau turun dari bajaj dan lari ke kantor koramil di taman menteng. Gue liat abang bajaj jg sdh siap pegang obeng. Waduh. Gawat nih. Tp ternyata org2 yg berhenti di belakang kita ga sabar. Motor2 itu maju2 ke depan jd org yg jongkok itu pun akhirnya berdiri. Begitu dia minggir... bajaj langsung ngebuuuuut... cap cuuuuuuuuus.... Di lampu merah berikutnya si abang nengok ke gue sambil bilang "wah neng, itu td kayaknya mau jambret tuh... waduh... neng hati2 ya lain kali. maaf ya neng...." sambil dia jg gemeteran. HUHUHUHUHUHUHUHUHUHU.... Gue skrg trauma naik bajaj.

Alamat nih, kembali ke sahabat lama: bluebird tercinta nan mehitawati itu.

2 comments:

Arman said...

waduh.... emang serem ya naik kendaraan umum...

ternyata merdeka dari penjajahan gak berarti merdeka dari kriminalitas oleh bangsa sendiri... :)

ironis ya...

Anonymous said...

abang bajaj-nya baik!!!!!!!!! =D