Wednesday, May 07, 2008

Gaji

Sebetulnya, berapa sih standar gaji yg bener di dunia Jakarta?

Selama ini, rasanya gue susaaaaah bgt tiap akhir bulan, krn hrs menahan diri buat ngapa2in, gara2 uang di tabungan nyaris habis. Memang salah gue juga, maunya pergi-pulang kerja hidup enak naik taksi, jadinya ya jebol deh tabungan. Kalaupun mau coba2 irit naik mikrolet... pasti jadinya malah mampir ke pasar cikini, beli bunga segala macem. Yah... keluar uang jg deh.... Yg jelas, gaji rasanya nggak pernah cukup. Begitu terima transferan, lgs bayar rumah, bayar sekolah Aria, bayar gaji suster, bayar kartu kredit, bayar listrik, bayar telepon, bayar ini itu... dan amblaslah hasil kerja gue sebulan.

Kartu kredit tagihannya nggak lain nggak bukan dari superindo. Krn Pangerankecil pasti ngajak ke situ buat beli biskuit2 bekal dia seminggu. Tp ya nggak cuma manjain Pangen aja kok. Krn akhirnya isi keranjang bukan cuma biskuit, begitu sampe di kasir tiba2 gue jg hrs bayar buat tissue gulung, sabun cuci, minyak goreng....

Listrik, air, telepon... sebulan sejuta lebih. Transport... segitu juga. Buat makan siang... kira2 segitu juga. Pendek kata, gaji gue itu -menurut gue- pas banget. Pdh gue jg nggak beli tas dan sepatu merk mahal. Nggak jg beli majalah2 lagi. CD sdh lama ga beli. Baju jg kelasnya ambasador aja. Biarpun konon gaji gue lumayan banyak... tetep aja rasanya pas banget alias mepet.

Nah, barusan gue interview sekretaris baru. Dan melihat gaji yg dia minta, gue rasanya lgs pengen nangis. Astaga. Memang segitu ya standar sekretaris? Masak iya sih gaji yg dia minta nilainya nyaris sama dgn budget transportasi gue sebulan? Lha trus dia makan apa? Astaga. Gue langsung merasa bersalah. Kasian ya, org2 semakin sulit menghargai diri sendiri lebih layak, krn persaingan yg makin sengit. Akhirnya mrk mau aja dibayar berapa pun, yg penting punya kerjaan. Duh.

1 comment:

Arman said...

mungkin si sekre baru itu masih single... mungkin dia masih tinggal bareng ortunya dimana biaya kebutuhan sehari2nya masih ditanggung... jadi ya gaji segitu cukup2 aja buat dia... :)

saya inget pas pertama kali kerja, gaji 1.8 juta. rasanya juga cukup2 aja waktu itu. malah bisa masih ada tabungan. sekarang.. mana bisa ngebayangin dengan gaji segitu... istri anak mau dikasih makan apa? hehehe

yah kebutuhan tiap orang beda2 sih ya... :)