Thursday, June 16, 2005

Lelah Tiada Tara part III

Episode The Polkadot-Baby

Setelah seru2 demam berdarah, akekah, dan upacara turun tanah... ternyata masih ada lagi lho!

Gue kan trauma banget kalau Aria bangun tidur trus diem aja nggak ketawa nggak teriak. Karena rasanya ngeliat dia di rumah sakit yg nggak ngapa2in... duuuuh... sedih kan. Jadi sering banget kalau dia lagi diem gue langsung ribut... "Kok diem aja?" Padahal kan mungkin aja dia lagi istirahat ya? Hehehe....

Aria tuh sekarang udah jago merayap. Dia mungkin maunya merangkak tapi susah banget ngangkat pantatnya. Jadi ya melata kayak tentara lagi halang rintang.... Melatanya cepet banget. Awal2 sih bikin gue latah krn gue takut jidat nonongnya kejedut... tp ternyata dia cukup jago bermanuver... hahaha.... Alhamdulillah aman2 aja.

Sampai suatu hari Aria ikutan PIN di posyandu. Dianter eyang Titik & suster krn gue ngantor. Habis imunisasi Aria biasa2 aja. Dia skrg disuntik juga udah biasa. Yg nggak biasa adalah sehari sesudah PIN badan Aria anget! Dari pagi udah anget, tapi dia tetep lincah jenaka melata ke mana2. Waktu diukur badannya 37.5. Gue telpon ke RS, dan kata susternya sih panas segitu masih normal. Jadi nggak perlu khawatir, asal Aria mau makan minum normal, nggak pa pa. Suster RS juga bilang kalau imunisasi polio nggak akan bikin badan anget. Ok deh.

Memang sih badannya nggak jadi makin panas. Tapi kok juga nggak dingin? Gue udah mulai cemas tapi melihat Aria yg santai2 aja, gue biasa lagi. Hanya waktu udah 2 hari masih tetep anget terus, gue mulai kasak kusuk. Hari ketiga Aria mulai nggak mau makan. Nah! Pulang kantor gue langsung bawa ke RS. Dokternya Aria ternyata sama traumatisnya kayak gue. Begitu dia liat Aria dan dipegang badannya anget, dia langsung suruh test bintik buat cek demam berdarah. Aman. Dokter curiga radang tenggorokan lagi. Diperiksalah ke THT, bener. Dan kali ini radang tenggorokanplus sariawan di langit2. Aduuuuh.. kan sakit ya. Pantesan nggak mau makan. Dikasih resep antibiotik dan jadwal inhalasi, ya udah pulang deh. Aria agak rewel karena dia mungkin haus dan laper tapi mau makan sakit. Kasihaaaaan deh. Gue udah mulai mewek tuh.

Lewat semalem, paginya pipi & telinga Aria merah2. Duh, apa lagi nih.... Gue udah sedih aja karena Aria makin rewel, gatel kali ya. Gue takut juga kalau itu alergi antibiotik. Apalagi karena gue sendiri alergi ampicilin jadi siapa tahu anak gue ikutan? Jadi hari itu sekalian inhalasi gue bikin janji dokter anak. Gue agak ngeyel nggak mau nunggu sampe sore, jadi ya terpaksa janjian di UGD. Kata dokter itu bukan reaksi alergi, tp kalau dibilang insect bite kok ya banyak.... Akhirnya konsultasi sama dokter kulit segala. Dokternya bilang itu gigitan serangga. Gue sih nggak yakin, tp dokternya ngasih resep, ya udah coba dulu. Tp setelah gue pikir lagi, ngapain juga gue beli obat? Kalau insect bite ya udah kasih minyak tawon aja dong....
Akhirnya resep gue kantongin.

Pulang ke rumah. Aria masih anget, masih rewel susah makan susah minum.... Bintik2 makin banyak. Gue agak panik, tapi nyokap mulai curiga kalau Aria kena campak. Mungkin banget! Aria kan memang belum sempat imunisasi campak, jadwalnya tanggal 25 Juni. Langsung gue googling cari2 info soal campak. Dari balita-anda.com banyak yg ngasih saran diobatin pake kunyit+madu. Gue sempet ragu tp kata nyokap kunyit nggak bahaya dan memang menghilangkan racun di perut. Ya udah, akhirnya diminumin sesendok. Dan bener lho... bintik2 keluar makin banyak. Tp Aria jadi tenang nggak rewel lagi. Wah, semangat nih gue. Trus ada yg ngasih info air kelapa ijo. Gue beli, dan ternyata Aria suka. Ya udah jadi sore itu minumnya air kelapa muda ijo campur madu. Hm, enak ya.... Tenang deh.

Selama gue googling, gue dapat juga info kalau sakit campak nggak bahaya, hanya hrs tetep waspada sama penyakit penyerta... bisa radang tenggorokan, radang mata atau radang paru2. Oh tolong. Gue panik lagi. Huhuhuhu... gimana nih?

Akhirnya diputusin kita tunggu semalem dulu. Krn Aria juga nggak rewel jadi moga2 nggak pa pa. Senin pagi baru dibawa ke dokter. Tp gue inget kalau hr Senin gue harus ke pengadilan agama. Lah? Jadi gimana dong? Akhirnya ya nyokap yg ke RS. Karena mobil gue pake, terpaksa sewa mobil.

Seninnya, seperti rencana, gue ke sidang. Biasanya ditemenin nyokap, tp krn nyokap nganter Aria jd gue sendiri. Di jalan, gue denger radio.... Ternyata gara2 PIN itu, banyak yg kena campak. Sampe ada yg meninggal. Amit2 jabang bayi!!! Gue langsung nangis sejadi2nya karena takut banget Aria kenapa2. Sepanjang jalan sms-an sama nyokap. Tapi tetep aja air mata nggak bisa distop. Gila aja... padahal nyetir bo. Duuuuh.... Tadinya pulang sidang mau pulang aja. Tp ada meeting di kantor yg nggak bisa dibatalin. Aaaaah. Tobat. Ya udah, gue telp nyokap, kata nyokap Aria nggak pa pa. Ya udah, gue ke kantor. Meskipun dengan kecemasan tinggi.

Siang baru gue agak tenang. Krn nyokap cerita dpt konfirmasi dari dokter kalau Aria memang kena morbili. Trus komplikasinya radang tenggorokan, not too bad. Bisa diatasi. Alhamdulillah. Ternyata belum sempat diimunisasi sama dokter, udah diimunisasi oleh alam. Oalah....

Image hosted by Photobucket.comDi kantor gue sempetin googling lagi, liat2 lagi. Dan ternyata morbili gila ini menular lewat air liur. Jadi kesimpulan gue, waktu PIN itu banyak anak2 yg nggak sengaja bertukar liur lewat pipet vaksin. Siapa yg tau kalau dari sekian banyak anak itu masih ada yg nyimpen morbili di badannya? Jadi dari situ deh my baby dan bayi2 lain yg kena campak kemasukan virus kampret itu. HUH. Gimana ya caranya biar PIN itu bisa lebih steril? Vaksinnya sih gratis, tapi biaya dokternya juga udah nggak karuan. Sekali lagi HUH. Kasihan my baby, kasihan juga my kantong. Lihat dong, wajahnya jadi totol2, polkadot. Huhuhuhu.....

Alhamdulillah sekarang Aria udah gembira lagi. Totol2 sudah sirna. Dan dia udah bisa ketawa2 lagi. Kelucuan sudah kembali. Hehehe.... Setiap hari udah bisa bikin gue telat ngantor, habis macet di ruang tamu.... hahaha.... Aria tiap pagi siang sore selalu mondar mandir, kadang2 sambil 'nyanyi'. Lucu banget. Lumayan lah buat hiburan. Biarpun badan gue rasanya bubar banget. Capek....

Rasanya juga mimpi kali ye mau leyeh2 istirahat, karena kemarin sore pengasuhnya Aria gue cutikan sementara waktu. Habis kayaknya dia kemasukan virus Aria... either demam berdarah atau morbili... karena badannya selalu nggak enak katanya. Dibawa ke dokter, malah alergi obat, diperiksa lab sih nggak ada yg salah, tp kok dia nggak bener. Tadinya dia ngeyel nggak mau pulang karena ya kalau pulang kan nggak dpt duit. Tp setengah gue paksa karena kalau dia masih di rumah kan malah ngerepotin. Ngasuh Aria nggak bisa, malah harus kita asuh.... Tp dibilangin juga nggak nurut. Misalnya gue bilang jgn deket2 Aria dulu, dia cuek aja gendong2. Krn mrk emang berteman sih. Tp kan Aria jadinya nggak sehat2 juga... virusnya muter2 aja gitu kan. Duuuuh. Waktu pulang dia jadinya nangis. Kasian sih. Skrg nyokap gue deh tahanan rumah, di rumah berdua sama my baby. Wah, culun deh. Betul2 lelah tiada tara.....

10 comments:

Anonymous said...

waaah sibuknya! jadi ikut deg2an... untung semuanya berakhir dengan baik yah

eyi said...

Mbak Dian, I'm so proud of youuu.. (hehe, sape gue? :p)

Anyway Alhamdulillah, Aria-nya udah sembuh ya, Mbak.

Anonymous said...

mum tian :

gue bacanya jd ikut panik gitu juga...moga2 aria jgn sakit lagi yaahh :)

hebat eeuyy elo bisa ngatasin semuanyaa ..
gue anak baru sakit batuk aja udah panik banget.

n baca cerita ini, gue jd gak mau imun polio Tian tgl 28 juni ntar.
more better ke rumah sakit aja deh, daripada imun GRATIS tp enngak stril gitu & gak terjamin. More better bayar dikit ke RS, daripada sakit lebih parah.

Anonymous said...

diaaaan, gw bacanya sampe ikut ngos2an deh. gak ada lg lanjutan bagian IV-nya kaaaan? smoga aja yaa...

btw, trima email gw gak? email loe msh yg di lycos itu gak sih? kangen niiih, pengen ngobril2 =)

Anonymous said...

Aria... kamu sama kayak aku deh! Aku waktu itu abis PIN juga sakit... Hari Sabtunya, badan aku panas berhari-hari, malah sampai 39,5 celcius... Sampe dibawa mama ke RS, kata dokter, kena virus flu biasa... ternyata hari ke-4, badanku penuh bintik2 merah... Ada yg bilang aku kena campak... Alhamdulillah sih, cuma 2 hari, udah itu ilang... Mungkin ngga ya, kita sakit gara2 ikut PIN???!!!

Nauval Yazid said...

aria emang bisa ngebentuk si mbok nya ini jadi perempuan bermental baja! :)

Anonymous said...

Owalaah Ariaa...kok bikin jantung ibu dag-dig-dug terus yaaa?

Mungkin ini sebuah pertanda, kalau sudah besar kamu bakal jadi anak sehat, gak bikin ibu sport jantung lagi. amin amin amiiiin.

Anonymous said...

mbak..didoain biar dikasih kemudahan ya...

Anonymous said...

Wadaaawwww...tyt bersambung yah...deg2an....tapi alhamdulillah semuanya terlewati, Aria nanti pasti jadi anak yang kuat...didoain ya Aria...

tyas said...

Fatih juga pernah bentul2 dimuka kaya gitu, waktu itu kejadiannya setelah panas-tinggi-yang-dialaminya-selama-3-hari sudah turun. Kata dokter itu terjadi karena ada virus yang menyerang waktu panas badannya sudah turun. Ah...gak ngerti juga deh. Tapi setelah dikasih air rebusan kacang ijo langsung ilang tuh bentul2nya...Alhamdulillah :)


Salam cun cayank buat aria ya mba ;)