Tuesday, November 24, 2015

Abekani itu Binatang Apa?

Tiba2 salah satu grup wa yg isinya ibu2 arisan, heboh banget ngomongin satu benda bernama Abekani. Atau Abe. Apaan sih itu?

Abe adalah merk tas lokal. Abekani Leather. Asli buatan Yogya, materinya kulit sapi. Hits? Sangat.

Jadi ceritanya bbrp tahun lalu (2011 atau 2012 gitu) ada dedengkot media digital yang suka jalan-jalan dan posting apa pun yg dia pikir menarik yg dia temui di jalan. Waktu dia ke Yogya, dia ketemu perajin tas yg bisa bikin tas kualitas bagus. Dan bahannya full leather. Harga terjangkau. Dia lihat tas itu materialnya bagus, craftmanship bagus, tapi desain kurang oke. Jadilah dia cerewet2 bikin desain sendiri. Dan jadinya cantiiiiik. The power of mouth to mouth promotion... ngetop lah itu Abekani di kalangan ibu2 forum media digital.

Entah gimana ceritanya, produsen Abe ini lalu terkenal. Kayaknya, krn material & craftmanship sdh ciamik, akhirnya pemesan mulai bandel... pesen tas dgn desain tiru2 barang branded. Ya gampang sajalah buat si produsen... tanpa mikir hak cipta segala macam hahaha....

Dulu, banyak yg belum paham jenis kulit dan proses finishing. Jd kalau ada yang warnanya terlihat beda, mereka komplen, dan sama Abe diganti baru. After sales yg bagus ya. 

Nah, menariknya,  makin banyak nih yg mau pesan ini itu, padahal penjahit tas terbatas.... akhirnya pesanan perorangan sudah nggak dilayani, kalau pesan harus banyak, 10 atau bahkan 20 pieces. Gimana dong? Jadilah ada yg "ajak-ajak" untuk pesan bareng2. Seingat gue awalnya di facebook saja. Ada yg posting "siapa mau pesan tas bla bla warna bla bla, tersedia 20 slot." Lalu yg berminat akan komen, lalu mrk saling berhubungan. Transfer uang. Tunggu barang jadi. Sesederhana itu.

Prosesnya jadi nggak sederhana ketika yang posting ajakan jadi banyak. Hahahaha.... Dan karena kualitas barangnya memang prima sedangkan harga miring, akhirnya Abe ini terkenal banget. Padahal yg bikin ya cuma itu2 aja. Pesanan mulai antri berbulan-bulan.

Azas saling percaya, saling mengerti... akhirnya terbentuklah kelompok2 pecinta Abe. 
Nggak jelas gimana awalnya, skrg ada istilah koordinator wilayah. Bisa jadi merekalah yang dulunya suka ajak2 dan akhirnya kenal dgn produsen Abe. Jd yg pesan Abe untuk daerah Cibubur, misalnya, hanya diladeni sama korwil Cibubur. Eeedodoeeee.... Trus rutin tuh ada kopdar pertemuan wilayah... biasanya sih di kopi darat ini akan ada sale barang Abe.Yg gue tahu, ada facebook Abekani Lover. Duileh.


Postingan ajak2 (atau disebutnya PO, pre-order) skrg ini jadi kayak ajang apaan gitu deh. Lucu kalau lihat "pertarungan" di FB soal antrian barang Abe. Bayangkan, PO dompet misalnya, sekali buat, kira2 2 bulan, jadinya 200 pcs. Yg pesen? 1000 orang. Semaput nggak tuh. Sampai ada yg baru akan kebagian tahun 2017. Bayangkan kalau pesanan tas, pasti lebih lama lagi. Bisa jadi yg pesan sampai lupa kalau sdh pesan saking lamanya baru jadi.Hahaha....

Lucunya, karena sadar bahwa ada kemungkinan yg pesen2 itu hanya latah2an, si korwil juga mulai cari cara seleksi. Dan kreatif juga sih. Misalnya, dibuka PO satu barang, 3 warna. Kalau mau warna coklat, harus tulis di komen "gulali", kalau mau biru, komen dgn "sirup merah." Geli baca komen yg masuk krn jadinya aneh2. Mungkin saking buru2 takut keduluan, akhirnya ada komen "gilalu" dan "sirup marjan". Bahkan ada yg keukeuh komen "mau warna merah". Laaaah.... Hahahaha... pengen ngakak sampai besok....

Kebetulan di grup wa gue, ibu2 itu beda2 korwil. Kebayang dong... kalau ada korwil yg posting barang di FB... trus mrk saling cocok2an. Trus ternyata nggak semua korwil dapat barang itu.... heboh.... Termasuk mereka akan heboh kalau ada yg namanya masuk di list pdh merasa telat posting. Wis embuh lah.

Atau kalau sdh dijanjiin jam tertentu akan ada opening PO.... hohohoho.... pasti pada rame cocok2an jam utk bisa dpt nomor antrian, krn begitu jam-nya, pasti langsung diserbu dari seluruh penjuru angin. Dan lucu banget, beda bbrp menit sdh beda banyak bgt nomor antriannya. Langsung ratusan. Juara banget yaaaa....Konon ada yg sampai khusus izin keluar bentar dari meeting hanya untuk bidding. Gendeng.

Dengan makin meluasnya animo para ibu2 pd Abe, bahkan edisi preloved pun skrg laku lho. Juara kan. Di luar kenyataan bhw barang Abe yg skrg beredar adalah jiplakan desain tas merek internasional, fenomena Abe ini menarik dicermati. Karena, sebetulnya, selain Abe, ada merek lain yg juga bertebaran di jalur online shop. Vigna, Aluta, Aira... dan apa lagi ya? Tapi hanya Abe yg bisa bikin heboh.... Heboh pesan, heboh beli... sampai nambah temen... bahkan nambah musuh. Hahahaha.... Begitulah.

Bagaimana pun, ini membuktikan kalau produk lokal bisa banget bersaing dgn produk import. Krn konsumen lokal sekarang jg mulai mikir2 kalau beli produk import yg harganya menjangkau langit. Buat apa barang mahal2? Toh fungsinya sama. Memang, skrg ini kendala desain yg blm teratasi. Itu juga yg bikin gue gak punya satu pun produk Abe... krn nggak nemu produk original, sementara gue anti barang jiplakan. Mudah2an nanti yg pesen barang2 jiplak itu lama2 bosen, jd produsen Abe tergerak bikin desain sendiri. Makin ciamik. Makin terkenal. Sip banget.

2 comments:

asihsri said...

Mbak, aku bingung ni gimana caranya beli di website, udah sign up tapi... dapet reply via e-mail supaya nunggu..jadinya gak bisa sign in. Kalo via fanpage, aku makin gak paham...hahahaha, help dong... mohon pencerahan :')

Anonymous said...

Wah... ahahaha... aku bukan pemilik, jadi nggak paham juga, mbak.