Monday, March 02, 2015

I Hate This Feeling

Menjelang akhir 2014, ada tante yg dirawat di RS. Tante ini istrinya adik bokap yg bungsu. Kami tidak pernah terlalu dekat, tp juga nggak jauh2 amat. Sewajarnya saja sbg keluarga yg tinggal di kota besar. Kadang tanpa sadar hanya ketemu setahun sekali atau dua kali. Nyokap yg sering telpon2an... namanya ibu2 trus bisa ngobrol omong kosong gitu sampai lama.

Nah, sekitar bulan November ada kabar tante dirawat di RS. Pdh yg namanya tante, masuk angin aja kayaknya jarang deh. Tp kok sampai dirawat? Katanya HB drop bgt.

Sesuatu tiba2 gue rasakan. Nggak nyaman dan nggak asyik waktu dengar berita itu. Dan perasaan nggak enak ini bikin gue segera meluncur ke Bekasi, di hari kerja, jenguk si tante. Waktu itu sih kondisinya masih terlihat ok. Bisa ketawa2. Entah kenapa gue kok nggak enak?

Seminggu kemudian, tante dipindah ke RSCM. Gosip beredar beliau sakit kanker darah. Gosip? Iya, krn om nggak pernah mau cerita yg sebetulnya. Om ini persis bokap gue. Rada antik in a sweet way. Selalu berusaha nggak merepotkan orang lain. Nggak mau orang lain ikut2 mikirin masalahnya. Jadi macam sakitnya tante, disembunyikan sampai lama banget dari keluarga. Lha... agak disesali adalah krn selama disembunyikan, tindakan untuk pasien jd nggak maksimal. Oh well... things happened.

Selama tante di RSCM, gue pun sering merasa nggak enak. Dan jadinya lumayan sering ngajak nyokap buat jenguk. Dan ternyata perasaan nggak enak ini berujung pada hal yang menyedihkan. Tanggal 2 Januari, tante kritis, koma. Gue masih sempat jenguk waktu koma. Berkomunikasi secukupnya. Sambil menyesali om yg nggak membolehkan ada hiburan di kamar rawat. Jd bunyi alat infus dan segala printilan yg tit.. tit... tit... itu bikin depresi! Entah kenapa... Pdh orang koma kan bisa mendengar? Masak disuruh denger bunyi alat? Hmm...

Tanggal 5 pagi, ternyata tante meninggal. Innalillahi wa inailaihi rajiuun.

Apakah itu yg menyebabkan gue merasa nggak enak? Nggak tahu.

Yg jelas, tadi pagi gue dikasih tau ada salah satu teman yg masuk RS. Bukan teman dekat bukan juga jauh. Ya... wajar2 saja. Tapi lagi2 gue punya perasaan nggak enak.

Ya Allah... hamba percaya Kau selalu merencakan yang terbaik. Amin. 

No comments: