Thursday, August 02, 2012

Si Embak

Embak baru ceriakan hariku! Sumpah deh ga bohong....

Setelah huru hara Titin Suprihatin episode embak yang ditukar, dgn mengucap Bismillah, gue cari pengasuh baru. Ok, yg diharapkan adalah pengasuh plus plus yg jg hrs bantuin eyang di rumah dan sanggup bersih-bersih rumah segede hohah.

Untuk sementara, istrinya tukang kebun/tukang ojek/tukang listrik datang untuk nyapu-ngepel-nyuci-setrika. Ada kurang lebih sebulan di rumah ga ada pembantu yg nginep. Agak kelimpungan adalah hrs ngoprak2 Aria belajar, siapin buku di malam hari, beresin dia sblm tidur dgn ritual yahud, dan besok paginya siapin sarapan-bangunin dia-siapin bekal. Kungfu mama! Tapi kok ya mulai terbiasa...terbiasa dgn budget bengkak, tepatnya. Soalnya bocah lidah bule itu membuat gue terlena bbrp kali order pizza utk sarapan & bekal. Yuk mariiii....

Rejeki sdh diatur, seorang teman kantor tak dinyana tak diduga ngasih tahu kalau saudaranya suka dapat pembantu kebih. Wah? Tentunya ini berita gembira. Gue langsung daftar. Waktu ada lebihan, janjian akan dihadirkan dgn travel krn dari wonosobo. Eh memang ya, godaan...pas hari mau berangkat, tiba2 ada yg nawarin embaknya, katanya dia mau pindah. Gue yg pd dasarnya manis & tertib, batalin dulu embak wonosobo smbl mengiyakan. Lha kok ndilalah setelah embak wonosobo batal, si pemilik embak terbukti hanya towo2 ulo! Ora sida! Haiiiiiisssss..... Pas ditelpon lagi, si wonosobo sdh keburu diangkut ke bekasi. Yo wis lah bukan rejeki, nunggu lagi....

Eh sekali lagi hrs percaya bhw semua sdh ditulis di skenario Yang Kuasa, tawaran embak wonosobo ada lagi! Lgs mau. Gaji brp yg diminta, boleh aja. Dan tnyt permintaannya 'hanya' setengah dr gaji Titin dulu. Wah, yahud.

Di hari yg sdh ditentukan, datanglah si embak baru ini. Namanya Yanti. Kurus kecil terlihat spt anak sekarang dgn rambut rebonding & jari2 berkuteks. Untung gue sdh membiasakan utk tdk judging anything from its cover, jd meskipun eyang agak merengut, gue ttp sambut Yanti dgn girang. Hari pertama dibeberkan tugas2nya, agak lebih banyak dr Titin dulu, krn eyang minta Yanti masak juga. Anaknya oke2 saja. Meskipun sebenarnya yg utama ya siapin kebutuhan Aria. Pertanyaannya hanya, "Saya harus bangun jam berapa bu?" Yg gue bingung... ya pokoknya sholat subuh kan ya. Dan dia langsung bertugas. Eyang langsung dipuaskan. Alhamdulillah.

Justru Aria yg agak judes krn memang dia kan sdh sahabatan bgt sama Titin. Akhirnya gue putuskan Aria mungkin sdh waktunya ngurus diri sendiri. Jd gue bilang ke anak ganteng itu, "Kalau nggak mau dibantuin mbak Yanti, ya sudah, tidak usah marah2, kerjakan semua sendiri." Alhamdulillah keputusan yg (rasanya) bener, krn semua jd lbh lancar. Yanti konsentrasi back stage aja. Aria kadang2 mau dia urusin, kadang2 ya cuek aja. Terserah. Kan dia jg sdh besar.

Persis spt Titin dulu, Yanti jg akhirnya minta ngurus rumah sendiri. Yg artinya gaji si tukang cuci tentu jd dia hak miliki. Eh kok ya masih di bawah gaji Titin dulu. Okelah. Kok ya kebetulan embak tukang cuci anaknya mulai masuk sekolah jd dia agak ribet. Akhirnya Yanti hanya sendiri. Dari pagi dia sdh bangun jam 4. Trus langsung nyalain mesin cuci. Sambil nyapu ngepel. Waktu gue bangun dia sdh siapin sarapan & bekal Aria (sesuai pesanan semalam). Trus hbs anak gue & gue berangkat, dia langsung muter beresin semua. Biasanya gue dulu harus minta dulu ke Titin untuk beresin kamar. Skrg dia yg nawarin, "Saya boleh beresin kamar ibu?" Dan beresin bener2 sampai kinclong. Kamar mandi akan dia gosok, semua kaca di lap, termasuk kolong2 disedot debunya. Ciamiiiiik....

Dia ini model yg nggak pernah numpuk kerjaan. Kalau dia lihat di tempat cucian piring ada gelas kotor sebiji, ya langsung dicuci. Waktu gue cuci mobil pun, dia dgn sigap langsung ambilin ember. "Mau saya bantuin?" Wis ga usah, kalau ini kan memang gue suka juga ngelus2 si kentang....

Pendek kata, Yanti ini mencerahkan sekali. Memang krn dia seharian muter2 aja ngerjain ini itu, malam tuh kelihatan sekali sangat kelelahan. Jadi jam 8 biasanya sdh disuruh tidur sama nyokap. Sebelumnya dia pasti siapin dulu keperluan mandi malam dan piyamanya Aria.

Gue merasakan bgt bedanya pulang kantor masuk kamar yg bersih dan anak yg sdh cimuk2 wangi. Paginya ga perlu terlalu horor, hanya gebah2 Aria saja tp sarapan & bekal sdh tinggal angkut. Wis enak tenaaaaan. 

Mudah2an sih Yanti ini awet juga dan baik2 saja. Sungguh deh. Ya Allah semoga ya. Amin.

2 comments:

Lala said...

Amin Tante..
Pengalamanku nek kita nguwongke ART, mereka juga pasti akan betah..

alaya said...

di, lagi nyari pembantu nih. bisa daftar yg wonosobo itu juga?

email aja ya aalayaa@gmail.com