Wednesday, July 20, 2011

Ayo Belanja Emas!

Duh... sekolah... mengapa kau semakin mahal saja?

Gila aja ini baca2 di twitter... org2 banyak yg posting soal biaya masuk sekolah2. Sekolahnya Aria, biayanya naik 3jt dr tahun kemarin pas Aria masuk. Ha? 3jt? Lha... gaji gue kan ga mungkin ya naik 3jt per tahun....

Gue bukan org yg rajin menabung. Sama sekali tidak. Menimbun uang nampaknya bukan kebiasaan yg melekat di kepala gue. Tp setelah melihat kalau biaya sekolah makin mengerikan... kyknya ga ada pilihan lain buat gue selain mulai menabung. Krn tentu saja gue bercita-cita Aria bisa sekolah dgn benar di tempat yg benar juga.

Gue nggak suka perhiasan emas. Jadi ketika bangun rumah, semua emas2 gembira itu dgn cepat diluncurkan ke toko emas, dijadiin semen & kerikil. Setelah itu, mau beli2 lagi kok ya males ya. Krn nggak dipakai juga, disimpan juga ga ada tempatnya. Tapi lalu seorang teman memperkenalkan model cicilan emas. Wah... apakah itu?

Emas perhiasan memang cantik dan bagus, tp kalau dijual lagi, selalu dipotong ongkos pembuatan dll.... yg akhirnya harganya biasa saja. Nah, jadi mending beli emas batangan 24 karat, yg harganya naik terus dengan gembira, bisa 15% per tahun (katanya). Tapi yaaa... beli emas batangan? Ehehehehe... batangnya kecil kok ternyata! Kalau di aneka tambang, ada yg 3gr, yg artinya seujung kuku telunjuk gue :p Nah, meski hanya kecil sak umprit, tetep aja kan harganya juuuutttt ya.

Nah, untuk itulah hadir cicilan emas. Pilihannya banyak. Tp demi keamanan batin gue yg galau ini, gue pilih nyicil emas di pegadaian.

Di pegadaian, emas yg 5gr, dijual seharga 2 jt lebih dikit. Kalau dicicil 3 bln, dikenai bunga 3% dgn DP minimal 30% dr harga. Kalau mau 6 bln, 6%. Kalau ga salah bisa sampai 36 bulan. Emas yg tersedia pilihannya 5gr, 10gr, 25gr, 100gr.

Waktu masih coba2, gue beli yg 5gr. Gue cicil 3 bln, kira2 500rb per bulan. Krn gue karyawan tetap, gajian di tanggal yg sama tiap bulan. Jd hbs gajian lgs ke pegadaian, bayar cicilan. Eeeehhh... ga terasa kok ya sdh bulan ke-4. Emasnya akhirnya gue bawa pulang. Iiiih... terharu deh. Kok bisa dgn 500rb per bulan gue dpt emas batangan! Hihihihihi... kecil siiiiih... cm sekuku jempolgendut. Tp kan emas!!!!!

Daaaan... ternyata punya emas batangan dgn cara mencicil ini bikin ketagihan! Buat gue, krn tanpa terasa menyisihkan 500rb...tau2 dpt emas. Hehehehe... pdh yaaaa... kalau di Jkt, 500rb itu ongkos taksi gue rumah-kantor 3 hari lho. Edan kan?

Krn ketagihan, jd untuk yg kedua gue ambil yg 10Gr. Insya Allah hbs gajian bulan ini, bisa gue bawa pulang tuh emas :D Trus, bonus jg gue jadiin DP 10Gr berikutnya. Asyiiiiik. Tp krn iseng, gue cicil 6 bln :p

Memagn sih, ada bunganya (istilah mrk margin), yg kalau dilihat angka, ya lumayan juga. Tapi ya gapapa lah... harga emas akan naik kok di tahun depan. Percaya deh. Jd gapapa lah namanya jg nyicil....

Nah, krn ketagihan sama emas, skrg jd ikut memantau naik-turun harganya. Ternyata, ada trend kalau bulan2 Juni-Juli emas lagi sale! Pasti harganya turun. Wah... saat yg bagus untuk membeli! Sayangnya, krn gue uangnya pas... ya ga bisa seenaknya beli spt kalau ke sale Guess atau sale Zara. Yo wis lah nasib :p

Tapi gue jd punya target, untuk punya sekian gram di akhir 2011. Yaaaa... hrs kejar setoran juga sih buat tabungan sekolah Aria.

Oh ya, emas2 printilan itu skrg nggak gue simpan di rumah. Tp gue gadaikan. Uang gadainya gue buat cicilan emas berikut. Ga usah takut dgn bunga pegadaian, krn impas dgn kalau gue sewa safe deposit box di bank. Ini kalau istilah org2 di internet: berkebun emas :)

Hmm... jadi semangat deh bener. Entah kenapa lbh tertarik sm emas2 ini ketimbang reksadana (asuransi pendidikan sih ga usah dibahas yaaaa). Kayaknya krn seneng aja mbayangin bisa mandi emas spt Paman Gober.

3 comments:

Anonymous said...

Hmmm...jadi tertarik ikut berkebun emas :-) kapan2 ke pegadaian deh !

.:nien:. said...

Mbak Dian, salam kenal.
Gak sengaja nemu blog ini eh tentang investasi emas.

Kena banget nih tulisannya jadi pengen berkebun emas. Banyak yang nawarin benernya tapi kok males karena pada terlalu agresif nawarinnya. Saya masih pake RD tapi gak teratur juga sih.

Jeanne Kaunang said...

Hallo Mba Dian, gak sengaja aq jg ketemu blog ini dan baca tulisan di atas, jd terinspirasi buat nyicil emas di pegadaian jg hehehe...