Tuesday, July 20, 2010

Mari Memilih

Dunia ini selalu memberi kita pilihan2. Duluuuu sekali, pernah jg gue menulis ttg ini. Bahwa begitu buka mata di pagi hari pun, kita langsung disodori pilihan: mau bangun tidur terus mandi atau mau nerusin tidur lagi. Pilih apa? Tergantung kita. Krn kita yg menentukan hidup kita sendiri. Bos yg ngamuk2 kalau lo telat pun bisa lo tipu2 kalau lo memang pengen tidur lagi.

Gue jd ingat lagi soal pilihan2 ini ketika salah satu anak buah di kantor sering sekali cuti. Sebut saja dia sbg M. Kerja di kantor ini belum setahun, sering sekali nggak masuk... yg akibatnya jelas: dipotong tunjangan makan... artinya dia terima gaji tidak utuh (=kecil). Alasan tidak masuknya org ini muter2 aja di seputar anak sakit (anaknya ada 3), ngurus sekolah anak, suami sakit, nggak punya pengasuh bayi... dan sebangsanya. Semua hal2 yg bikin kepala rasanya mau pecah... dan pernah gue alami... jd gue sangat mengerti kalau dia hrs cuti utk mengurusnya. Oh ya, dia ini tinggal di Jakarta coret... yg artinya, nggak ada deh bisa ngantor 1/2 hari... wong jalannya aja udah jauh bener. Jd buat dia pilihannya cuma 2: ke kantor atau tidak ke kantor.

Kapan itu gue sdh pernah ngomong berdua dgn dia. Awalnya tentunya ngobrol pekerjaan yg gue nggak akan komplen krn sbg editor dia bagus bgt. Lalu stlh menanggalkan jabatan masing2... obrolan bergeser ke arah keluarga. Anaknya yg mau masuk SMP dan dia masih bingung mau masuk sekolah mana. Trus bergeser lagi ke pengasuh anaknya yg gonta ganti melulu... jd batita-nya sering sakit juga... trus suaminya yg jg sering sakit. Sampai akhirnya gue bilang, "Sorry... tp pernah nggak berpikir kalau gonjang ganjing itu terjadi krn kamu memutuskan kerja kantoran lagi?"

Dan dia terdiam.

Menurut gue, batita itu hrs diurus oleh org yg bener spy dia selalu sehat dan terjaga. Sejak Aria masih bayi, gue selalu berusaha punya pengasuh anak jempolan, yg kerjanya hanya mengurus anak gue. Memang ada ibu gue yg mengawasi, tp tetep Aria gue titipin ke pengasuh itu. Bbrp kali ganti pengasuh, Alhamdulillah nggak pernah ada yg aneh dan semua sayang Aria. Ini rezeki gue, memang. Tentunya untuk pengasuh anak yg bagus, bayarnya sungguh tidak murah sama sekali! Mrk jg hrs terjamin cuti dan bonus2nya. Sepadan sama 'hasilnya', anak gue Alhadulillah ya Allah, sehat2 saja dan cukup pintar. Tapi anak gue kan cuma 1 ya? Dan gue tinggal sama nyokap, yg artinya gue (dulu) hanya perlu menghidupi gue dan anak saja, jd gaji gue pun cukup banget umtuk itu.

M anaknya 3. Meskipun yg besar sdh mandiri tapi ttp blm bisa ngurus adiknya. Lha iya kan sekolah jg ya. Mau nyari pengasuh anak yg fokus sm anak saja, sulit. Kenapa? Kalau harus bayar 2 asisten, gajinya ga cukup. Jd skrg maunya punya asisten RT sekaligus pengasuh bayi. Siapa yg kuat disuruh ngurus 3 anak, 2 dewasa, sekaligus beres2 rumah? Akhirnya asisten datang dan pergi sesuka hati. Suami M, dulu sering bawa makan siang dr rumah, jd lumayan terjaga gizi dan vitaminnya. Skrg ini, krn M kerja, nggak sempat masak, suami bekal duit aja. Tapi, dia sering malas beli makan. Seharian ngerokok melulu jd akhirnya mengucapkan selamat datang pada radang paru2.... Jarang masak sendiri ini jg bikin anak2nya yg besar akrab dgn jajan2 yg isi dan gizinya hanya Tuhan yg tahu....

Seandainya M di rumah. Dia bisa urus si batita. Kalau perlu asisten, cukup yg setengah hari (cuci setrika beres2 rumah saja) yg relatif nggak terlalu mahal. Dia bisa masak untuk sekeluarga. Suami bisa lebih sehat krn bawa masakan istri ke kantor. Dia bisa urus sekolah anaknya dgn lebih fokus, jd si anak jg nggak merasa dicuekin ibunya.

"Tapi aku jd nggak punya uang saku buat diriku sendiri."

Oke, tp apakah uang saku itu sepadan dgn rasa-kepala-mau-pecah yg setahun terakhir sangat sering terjadi? Kalau gue sih melihatnya kok nggak ya.

Sekali lagi, hidup ini adalah pilihan. Kita harus pilih sendiri petualangan yg mau kita jalani. Mau kerja kantoran? Jd single parent? Kerja di rumah aja? Nungguin pacar yg nggak kunjung ngajakin menikah (duh jadi curhat)? Mau makan buah kiwi tiap hari? Atau mau sekolah S3? Semua terserah kita.

Kemarin, pagi2 sekali M sms: maaf mbak, aku izin cuti mendadak. Anakku masuk rumah sakit. Malamnya, gue dpt kabar anak itu masuk ICU.

Mungkin sdh saatnya gue mengarahkan dia untuk tinggal di rumah saja, setidaknya sementara. Hiks.

2 comments:

anomaglo said...

baca tulisan mba sy jd berpikir posisi sy mungkn kaya suami ny m itu,curhat akh,sy bp muda yg br 2 thn menikah,skrng udah puny putra umur 1 1/2 thn,usaha sy awalny lumayn maju d bidang jual beli tanaman hias,skrng sepi bnget yg dampakny sy tidak bs 100% menafkahi keluarga,istri kuliah dan ngehonor mau jd guru katanya,selama menikah sy kerja d rumah jd kebgian jg mengurus rumah kaya memasak beres2 rumah,ngurus anak,dan skrng dampakny mulai terasa kita sering berantem masalahny udah past gara2 duit,skrng sy bingung mau nyari kerja keluar kota anak ama siapa,yg ngurus rumah siapa,ga nyari kerja tetep dirumah,apa kata dunia sementara kebutuhan makin besar,mau usaha lg ga ada modal,,bingung mba..

Budiana said...

suaminya m sih kerjanya bagus... hanya mmg jam-nya ngaco... :D

btw, di majalah saya pernah ada tulisan ttg stay at home dad. dlm cerita itu, si ayah memutuskan menjadi bapak rumah tangga spy ada yg mengawasi pertumbuhan anak. diputuskan istri yg ttp kerja krn pendapatan istri lbh besar. ini kesepakatan yg menarik menurut saya, krn dua pihak paham prioritasnya. skrg istrinya giat kerja dan fokus jd karier menanjak dan gaji besar pun diraih. suami di rumah ngurus anak, anak jd terawat baik dan pintar di sekolah.

tertarik mau ngikutin, mas?

nggak usah peduli apa kata org, they rarely think about you anyway :p