Thursday, January 03, 2008

Pangeran No More Dot

Senangnya hatiku krn 'proyek' selama cuti berhasil: lepasin dot dari Aria. Ok, banyak yg bilang dot tdk ada efek apa2 buat anak. Apalagi seringkali itu adalah comfort item untuk dia. Ya memang sih. Aria hanya ngedot kalau mau tidur. Jd susu dlm botol adalah syarat mau tidur, siang atau malam. Kalau minum selain susu dia sudah bisa pake gelas sejak umur 1,5 tahun dan pake sedotan juga sdh lancar.

Urutan ritual mau tidurnya jadi: Seka badan (seringnya sih mandi krn kalau hbs main gitu badannya pasti kecuuuuuuttt), trus botolnya disiapin, habis pake baju (kaos tanpa lengan kalau siang dan piyama kalau malam), langsung dot dot dot dan tidur deh. Tp gue perhatiin, akhir2 ini meskipun susu di botol sudah habis, seringnya dia blm tidur. Jd masih ngobrol ngalor ngidul dulu, baru akhirnya tidur. Kadang kalau malem, masuk kamar dari jam 8, susu sdh habis jam 8.15 tp baru tidur jam 9.30 gara2 ketawa2 dulu sama gue. Jadi bukan dot yg penting buat tidurnya kan? Apalagi gue agak cemas dgn bentuk giginya yg agak tidak rata di atas. Makanya, cuti kemarin gue pake buat copot dot.

Hari pertama, waktu tidur siang Aria nangis dulu agak lama. Mencari si dotcom. Trus gue bujuk2 pake janji mau beli gelas baru gambar pooh atau mickey mouse. Setelah itu dia akhirnya tidur, mungkin jg capek nangis dan memang sdh ngantuk krn memang waktunya tidur siang. Sorenya waktu bangun sempat mewek lagi. Tapi lucunya, waktu Iti sobat kecilnya nongol, dgn bangga dia bilang: Iti, aku sudah besar, nggak ngedot lagi! Hahahaha....

Habis mandi dia nagih janji gelas baru. Walhasil gue dan dia akhirnya ke Mal Ambasador cari2 gelas. Beli 2, biru dan kuning, gambar monyet krn yg gambar dia mau ga ada. Ya sdh.

Malamnya, ternyata minum susu pake gelas bukan hal gampang. Kayaknya bau susu itu dia tidak suka. Untung gue punya persediaan susu ultra, jadi malam itu dia minum ultra. Tapi kok gue kasian ya liat dia yg siang nggak minum susu, malam cuma minum sedikit. Akhirnya waktu dia sdh lelap, jam 12-an gitu, gue pasang dot deh... hahahahaha... ternyata ibu tdk sampai hati.

Hari kedua agak lumayan. Memang waktu tidur jd agak rusuh krn ritual ganti. Tapi lumayan lah. Hanya dia memang sulit bgt minum susu pake gelas. Dicoba sedikit2 nggak mau juga. Akhirnya susu dimasukin gelas, masuk frezer, begitu sdh agak keras ada butiran2 es, baru dia mau minum. Duh. Serem juga takut kelupaan dan susu keburu basi. Jadinya siang itu gue beli susu ultra agak banyak, tp tetep yg kotak2 kecil, supaya dia bisa minum kapan saja dia mau.

Malamnya, karena Aria sempat makan banyak dan minum susu ultra 2 x 200 ml, tidur jadi gampang. Ibu tenang.

Hari ketiga, dia pagi2 sdh bangunin Papap: Pap! Aku sudah tidak ngedot. Aku minta hadiah sepeda.

HAHAHAHAHAHA.

Dasar anak gue memang tukang sulap. Sorenya Papap antar dia ke Kampung Melayu, beli sepeda di toko Wim Cycle. Ya ampun. Dan sepeda lumayan sukses jd obat copot dot. Krn kecapekan belajar naik sepeda, Aria jadi gampang tidur...

Kesimpulannya program copot dot sukses, meskipun belum sempurna krn jadwal minum susu belum betul. Sampai sekarang, minum susunya hanya sedikit2, itu pun hrs masuk frezer dulu dan harus ditambah gula. Aria sih lebih senang minum susu ultra. Hanya kalau dia lagi mogok makan, gue harus paksa dia minum Pediasure. Ya gitu deh, dikit2... kadang2 capek jg sih dan ibu tergoda pasang dot... hehehe.... Tp untungnya sampai skrg masih tahan. Dan sampai hari ini Aria sudah hampir seminggu jadi Pangeran No More Dot. Ibu senang.

Sekarang lagi mikir2 buat cuti dgn program no more diaper at night.

2 comments:

Anonymous said...

so cute...
i miss you.

Anonymous said...

Good words.