Sunday, November 07, 2004

Tanggal 23 Oktober Itu....

Hari Jumat tgl. 22 Oktober gue kontrol ke dokter. Harusnya sih hari Rabu-nya, tp pas Rabu itu, rumah sakit telp ke rumah ngasih tau kalau dokternya nggak bisa praktek sampe sore sementara gue nggak bisa dateng siang... jd ya udah gue pilih dateng pas Jumat aja. Harusnya hari Kamis dokter Soepardiman ada juga di Bunda-Menteng. Tapi gue males ke sana karena kalau periksa di sana pasti catetan gue jd ganti semua. Dari mulai timbangan badan yg makin berat, tensi yg kacau… belum lagi susternya yg menurut gue galak... hehehe... Pokoke buat gue Hermina is the best gitu lho. Hahaha... Tp Jumat paginya gue dah bener2 ga nyaman banget. Nggak enak dan kacau rasanya badan gue. Jari tangan dah bengkak kayak pisang, jari kaki segede jahe... sepatu gak muat lagi. Belum lagi kesemutan di mana2. Pokoke rasanya amburadul... . Padahal jadwal periksanya kan malem. Duh, nggak tahan deh. Akhirnya telp ke Hermina, trus sama mrk di-refer ke klinik eksekutif... yg dokternya bisa dipanggil, trus nggak pake ngantri, dan bisa periksa
siang (with notes: "Maaf Bu, biaya administrasi dan konsultasi dua kali lipat dari yg biasa." Huh.). Akhirnya ya gue daftar lah di klinik eksekutif itu. Dan lgs berangkat setelah ada kepastian jam dateng dokternya.



Sampe sana gue lgs curhat lah sama dokternya soal gue yg makin gak nyaman. Dokternya sih ketawa2 krn memang udah waktunya mau melahirkan (39 minggu).


"Sudah merasa kontraksi?"

"Belum."

"Bahkan 2 jam sekali?"

"Belum."

"Sekarang rasanya gimana?"

"Begah."



Ya udah, diperiksa dalem deh.




"Lho kok nggak ada?" (sambil tangannya merogoh2 -dziiigh!!)

"Nggak ada gimana? Yg segede ini apa?"

"Maksud saya, nggak teraba dari bawah."

"Trus gimana dong?" (panic mode on)



Kesimpulan si dokter, bayi belum masuk tulang panggul. Padahal normalnya kepala bayi dah mulai cari jalan umur 37 minggu.

"Kita tunggu deh seminggu lagi."

"He??? Seminggu lagi? Yg bener… sekarang aja rasanya udah kacau begini."



Tiba2 nyokap yg sebelumnya diam aja menyimak (ditambah ngantuk plus laper kali yaaaa...) nyeletuk, "Udah, operasi aja. Kalau nunggu seminggu kan berarti 40 minggu. Nanti ketuaan?"



Gue lgs menoleh dgn terkaget2. Gue gitu lho disuruh operasi. Ampun. Takut. Dokternya rada ngotot mau nunggu seminggu lagi. Tp nyokap gue jg ngotot buat lgs dibedah aja.


"Saya nunggu cucu sudah lama lho, Dok. Kalau ada apa2 gimana?"

"Ya terserah pasien. Sebaiknya dipikir masak2."

"Sudahlah, operasi saja."

"Kapan? Hari Senin?"

"Besok Dokter ada waktu?"

"Bisa. Pagi jam 9."

"Ya sudah, kalau minggu depan pun harus caesar, kenapa nggak besok saja?"


Coba ya, dialog di atas itu antara dokter dan nyokap. Gue yg notabene si pasien dicuekin aja gitu. Tolong deh.



Akhirnya diputuskan gue akan operasi hari Sabtu jam 9 pagi. Jadi malem itu juga harus masuk RS. Ya udah. Nggak pulang lagi deh. Lgs disiapin buat operasi. Dari mulai cek bayinya, bersihin ibunya, periksa darah, dan tetek bengek lainnya. Gue sempat telp mertua, Adit, my baby's dad, dan sms ke bbrp org yg gue pikir nunggu berita ini.



Ya udah, malem itu gue tidur di RS. Adit sempat dateng dan nemenin bbrp saat. Habis dia pulang, gue nggak bisa tidur dong! Takuuuuuuut... Gue kan nggak pernah dioperasi. Jd nggak bisa membayangkan kayak apa situasinya. Salah satu temen gue yg sudah ahli banget dibedah2 memberikan tips dan triknya spy cepet bugar kembali. Dan gue sempet juga sih baca buku. Tp tetep aja takut. Nervous berat.



Sabtu paginya, jam 7 gue dah mandi. My baby's dad flew from S'pore the night before (dgn tentengan kuda nil, mini gym toys, de el el satu koper raksasa), dateng ke RS bareng nyokap dan tante dan om gue. Semuanya antusias deh menunggu kehadiran si jabang bayi. Jam 7.30 rombongan cheerleader nganter gue masuk ruang bersalin. Adit dateng sekitar jam 8. Kita berdua sempat berdoa bareng. Trus gue sempat liat mertua gue dadah2 di pintu. Wah, rame juga ya supporter gue. Hehehe... Oh ya, di Hermina nggak boleh ada yg nemenin di ruang operasi. Krn pernah ada kejadian yg nemenin pingsan jd bikin repot. Pdh kakak gue dah semangat bgt pengen nungguin anaknya nongol.



Jam 8.10 gue masuk ruang operasi.

"Selamat pagi. Saya dokter anestesi. Nanti ibu akan di bla bla bla..."

"Ya, dokter."

"Sekarang ibu atur posisi."

"Sudah?"

"Sudah, berbaring biasa deh."

Gue balik badan. Trus melihat yg barusan nyuntik gue adalah temen bokap yg notabene juga bapaknya temen gue! Oh noooooo...

"Halo."

"Lho, dokter..."

"Kenapa? Kok pucat? Kamu takut? Perlu suntik tidur?"

"Suntik tidur mungkin perlu. Tapi bukan karena takut... maluuuuu!"

"Hahahaha..."



Habis itu gue nggak merasa apa2. Cuma kerasa meja operasi goyang2 hebat. Tau2 gue denger suara tangisan. Dokter anestesinya teriak "Waaaa... jagoan... jagoan..." Trus ada suster yg bawa bayi kecil mungil ke dekat gue. There he was, so small and beautiful. I kissed him on his forehead. Habis itu tanpa gue sadari air mata gue menetes. Oh Tuhan, akhirnya gue melihat juga makhluk yg selama 9 bln ini ada di perut gue. Akhirnya gue bisa melihat wajahnya yg imut.
Trus dijelasin deh, kalau my baby kinda stuck krn tubuhnya terbelit tali pusatnya sendiri yg panjangnya 1m. Duileh, kayak mumi dong. Trus juga kalau air ketubannya sdh berubah warna, tp nggak ada pengaruhnya. Aman.



Ya sudah, selebihnya gue nggak sempat mikir apa2 lagi. Tau2 gue udah pindah ke recovery room. Dokter gue dateng, nyalamin, krn memang dia terlibat bgt dari awal proses 'terbentuknya' my baby. Trus Adit dateng. Habis ngazanin bayi. Trus dia udah pegang formulir surat kenal lahir dengan nama yg udah kita siapin dr jaman batu. Mukanya cerah.

"Selamat ya, Ibu."

"Bayinya mirip Ayah, ya?"

"Hehe, iya."



Trus supporter yg udah nunggu di luar gantian satu2 masuk ke recovery room. Termasuk tante Detta.



Pas jam besuk selesai (semua pengunjung diusir lhoooo...), bayi2 dianter ke ibunya masing2. Dan saat itu gue baru melihat my precious bundle. Betul2 pertemuan yg private. Cuma gue dan dia. Gue menikmati sekali wajahnya yg ada di sebelah gue. Lucu, imut, dan rambutnya lurus. Gue nggak bisa mikir apa2 waktu lihat dia. Hanya membayangkan kalau melihat dia, untuk mendapatkan makhluk selucu itu gue rela deh biarpun harus dioperasi 7 kali juga. Sayang waktu itu gue blom boleh bangun jd nggak bisa mangku, dia dibaringkan di samping gue.



Ya sudah, begitulah kisahnya. Udah rada garing sih krn dah kelamaan. Skrg my baby sedang tidur. Jadwalnya memang masih kacau balau... tidur bangun seenaknya dia. Capek juga sih ngikutin schedule dia yg antah berantah itu. Tapi kalau sudah liat dia tersenyum... aduuuuuh... jatuh cinta lagi deh gue! Hehehe... . He surely makes my future worth living for.



Oh ya, ada pertanyaan gue yg blom terjawab: kontraksi itu rasanya gimana???

11 comments:

neenoy said...

hehehe... belum kejawab ya pertanyaan satu itu... gak pa-pa kan, yang penting semua sehat...

selamat lagi ya, di... selamat menikmati jadi Ibu :)

- said...

waah diaan..gue terharu bacanya..sampe berkaca kaca gini..hiks...selamat ya say..the first few weeks are the hardest but it gets easier as you go along. Untung cepet2 di operasi ya..kalo nunggu seminggu lagi kan kasian dia kelilitnya kelamaan, apalagi air ketubannya udah berubah warna, emang deh feeling seorang ibu nggak usah di ragukan lagi. Istirahat yang cukup ya di..biar nanti december pas gue balik udah bisa ajak baby aria jalan2..hehe..

KhRIY said...

Hiks...jd inget pas ngelahirin Youssof. It was just felt amazing to hold such a cute innocent tiny creature. Klo gw ngrasain dua2nya Di...ya sakit2nya kontraksi ya sakitnya stlh caesar. Cuman mungkin kontraksi yg gw rasain blon sampe' stage yg plg tingginya...tp tetep dah tiap 10' sekali. Niweys, slamat lg ya bu...enjoy your precious bundle. Hope I can visit you once I'm in homeland, k? Take care =)

axlandra said...

Jeng Dian, CONGRATS FOR YOUR BABY ARIA!!
Isn't he just a work of art??
I still remember all the hectic in the labor room almost a year ago. I knew how you feel when you saw your baby..
OOhh .. Isn't life a grand .. Enjoy your baby, Jeng! :)

-chrysalic- said...

aduhh jengg, mbok yao ndak usah penasaran lagi... sing penting wis selamet anakmu, jeng... ngganteng *pasti efek kalung usus yah* dan lincah lagi...

sun sayang buat Aria yah, moga moga sehat dan cepet gede... amin...

-chrysalic- said...
This comment has been removed by a blog administrator.
mommy-doll said...

what a great story! selamat ya mbak dian!
he must be one beautiful baby!

nda said...

Dian, slamat yah...akhirnya baby Aria lahir juga...kejadiannya gak jauh beda tuh ama aku waktu ngelahirin azka...tp aku waktu itu di bunda, dan so far so good sih...congrats lagi ya Di !

eyi said...

Mbak Diaan.. Waah..selamat selamat selamat selamat selamat yaaaaaa.... Walaupun telat. hehe..

Kiddo, welcome to the world! :)

me said...

Terharuuu mbak Dian!! Bahagia sekali ya menggendong dia pertama kali. Saya sampe ikut berlinang gini :) He must be the cutest thing you ever saw in your life :) Congrats lagi ya mbak, moga2 jadi anak yang soleh dan berbakti, amin

Pipit said...

jadi emang bener-bener gak ada proses teriak kesakitan ngerasain kontrakisi yah? hihi.. pokoknya bayi dan ibunya sehat..