Saturday, November 27, 2004

Pecahan Genteng

Orang Jawa kenal kata kencana wingka. Kencana itu emas, wingka sama dengan pecahan genteng. Kata ini biasanya dipake buat menggambarkan hebatnya seorang anak. Anak itu, ibarat pecahan genteng emas. Coba bayangin, ada pecahan genteng dari emas. Huiiih... hebat kan? Cuma pecahan genteng, tapi karena dari emas jadi ya berharga banget gitu lho. Kadang2 orangtua jadi obyektif banget soal kencana wingka ini. Dan menganggap semua pecahan genteng milik mereka sebagai emas yg paling berharga. Salah satu kolom Umar Kayam di KR dulu pernah ngasih contoh soal kencana wingka itu dengan: "Ancici (nama cucu UK) itu sebetulnya tidak begitu cantik, tapi kalau sudah tersenyum bisa meruntuhkan hati siapa saja."

Dulu, gue selalu sebel menghadapi ibu2 dengan kencana wingka mereka. Krn kadang2 (menurut gue) mrk sangatlah melebih2kan kemampuan wingka2 mrk itu. Tapiiiiiii... setelah gue punya Aria, gue jadi tau bahwa memiliki pecahan genteng emas memang patut dipamerkan kehebatannya. Hehehe.. . Anak gue itu gue anggap sebagai anak paling ganteng sedunia, paling pinter... pendek kata paling top deh! Padahal Aria tuh bikin gue jatuh bangun juga, terus terang aja. Kadang2 jadwal dia kacau banget sampe bikin gue termehe2. Kalau hanya bikin minum jam 2 pagi aja sih bias... Gue dah mulai terbiasa jadi robot yg otomatis jalan ke water dispenser atau ke laci popok sambil setengah tidur (dan ganti popoknya sambil merem pun dah bisa lho!), tergantung dia nangis dgn nada yg bagaimana. Tapi kadang2 dia gak mau ditinggal tidur habis minum. Matanya kelip2, kalau gue tidur langsung deh dia rewel (kok dia tau sih kalau gue merem????). Tapi tetep, sebagai pecahan genteng gue yg berharga, Aria tetep yg paling hebat buat gue. Gak ada yg bisa menyaingi. Coba aja, nangisnya dia itu beda2 lho antara pengen minum sama pengen pup (pamer mode is kumat). Hihihihi... .

Akhirnya gue menjadi anggota organisasi pemilik genteng2 emas. And it is rewarding.

5 comments:

imponk said...

boleh jadi pujian orang tua kepada anaknya merupakan sebentuk doa yang diharapkan pada anak.

neenoy said...

kalo bintangku itu lucu banget, senyumnya menawan hati, pinter lagi... (hehehe, kumat pamernya)

Shenny said...

alo mbak dian :) slamat yah udah lahir baby boynya :)
pa kabar mbak.. hehe..
btw oyah, sayah uda pindah rumah :D

A Mortal said...

Tengkyu udah nengok Blog gue..
Aria is such a cutie, must be such a divine joy to have him in your life.
Blog elo juga bagus, cerita2nya bikin tergugah.

Pipit said...

saya seriiiiiing banget mbatin seperti itu juga, kalau ada ibu-ibu sibuk cerita soal anaknya. keknya gak ada yang lebih apapun dari si anak. dianggap paling hebat (padahal menurut saya cengeng), paling ganteng (padahal, asli.. biasa banget!) blablabla.. hehe. saya bahkan udah nyiapin postingan lho tentang ini, tapi baru mau diposting beneran nanti kalo udah mlahirkan.. eh, keduluan ternyata.. huehehe..