Monday, August 04, 2014

Ramadhan :)

Ahahaha... akhirnya posting lagi setelah sekian lama....
Apa kabar? Semoga sehat.... amiiiin....
Kesehatan memang nomor satu. Kalau besok pilpres... coblos nomor 2. Salam dua jari!

Beberapa saat sebelum Ramadhan, gue dapat kesempatan pergi umroh. Akhirnya! Setelah 11 tahun lalu gagal.... tentu saja kesempatan kali ini sangat menyenangkan buat gue.

Yg skrg pun sempat dag dig dug. Jadi ceritanya, ini adalah program kantor. Ada kerjasama dgn travel biro, jd karyawan bisa berangkat dgn bayar 50% saja. Satu karyawan jatahnya 2. Ya semacam buy 1 get another 1 gitu deh.

Nah, kapan itu sempat dikeluarkan list yg mendaftar program ini. Gue ada di nomor 23. Ya tentu saja gue pikir baru akan berangkat tahun depan. Rencananya berangkat sama Cay.

Ternyata oh ternyata, waktu ada tawaran berangkat bulan Juni, orang2 yg antri di depan gue nggak ada yg bisa. Memang sih, jeda waktu antara dikasih tau dan keberangkatan hanya sekitar 3 minggu. Gue pun awalnya ragu, krn kok ya pas paspor mati. Tapi ya sudah gue iyakan. Urus paspor... sekalian sama punya Aria juga.

Sempat mikir juga: bayar pake apa ya? Soalnya kan bulan Juli sdh pasti hrs bayar sekolah. Tabungan... ada sih.... tapi kok rasanya sayang setelah ngumpulin sekian lama....

Tapi lalu seperti disadarkan kalau semua milik kita ini kan punyanya Allah SWT to yoooo. Aduh maaf ya Allah... ampuni hamba.... tabungan2 itu kan titipan saja. Ya udahlah pake aja kalau mau bertamu ke rumahNya. Kenapa ragu? Belum tentu tahun depan masih ada umur, masih ada kesempatan lagi. Hihihi... aku malu sendiri...

Krn Cay jadwalnya penuh.... Pap yg gantiin. Oke. Ternyata oh ternyata... ganti2 jadwal krn gue sdh ada tiket utk perjalanan me-time yg mepet banget waktunya. Jadi Pap pun batal.

Disebarlah kesempatan satu kursi ini ke grup keluarga. Ada bude yg berminat.Tapi beliau belum punya paspor. Dan tinggal di Malang. Jreng! Pdh keberangkatan tinggal 15 hari lagi. Hihihihi.... Tapi masak gue bilang "nggak boleh"? Kan ya gak mungkin. Jadi akhirnya memang mendaftar berdua. Bude langsung urus paspor (belakangan ternyata nggak langsung ngurus lho, masih pakai galau dulu ngitung tabungan... hahaha). Trus ada kasus MERS. Halaaaah... ono2 wae. Ya sudahlah Bismillah kan niatnya mau ibadah ya.

Tapi memang kalau sudah diabsen sama Gusti Allah harus bertamu... harus sowan... ya memang pasti bisa. Kemarin itu semua berjalan dengan pas. Ya pakai mules2 sih. Mules nunggu paspor jadi, mules nunggu paspor dikirim ke Jakarta, mules nunggu visa... dll.... Hari Selasa berangkat... visa baru keluar Minggu sore. Hehehehe....

Bukan congkak bukan sombong... ini travelnya lumayan. Penerbangan Jkt-Dubai-Madinah. Sampai Madinah pas subuh. Weh... sholat di Masjid Nabawi dgn bercucuran air mata. Embuh ngopo kok iso nangis yo?

Sudah dikasih tahu kalau di Tanah Haram harus pakai baju tertutup. Dan sepertinya sdh cukup tertutup rapat (sampai merasa kayak guling). Tapi oh ternyataaaaa... pria Arab memang buas. Ada satu hari pakai baju warna terang. Maklum centil. Baju biru, kerudung bunga2. Rasanya sih cakep deh. Entah warnanya yg terlalu menarik hati kali ya? Pas nyebrang jalan, ada mobil yg sengaja berhenti, klakson, trus orangnya ngomong apaaa gitu (mana kupaham?). Yg jelas rasanya udah nggak bener deh. Nah... pas pulang dari masjid, Bude mampir toko souvenir. Gue ngikut aja. Eh... lagi nunggui si Bude, tiba2 ada orang dari dalam toko (sepertinya si pemilik toko), keluar, trus dia bengong, trus bilang, "Masya Allah. Subhanallah!" Sambil matanya melihat ke gue dengan buas. Huaaaaa.... Bude langsung berkemas dan kaburlah kami ke hotel! Serem gila. Sejak itu gue hanya keluar dgn baju dan kerudung putih atau hitam. Ora centil blas.

Seperti halnya semua orang yg ke Masjid Nabawi, selalu hrs mencoba ke Raudah. Ini adalah bagian masjid yg dibangung oleh Nabi Muhamad SAW, jadi cikal bakal Masjid Nabawi. Tempatnya sekarang jadi bagian utk sholat laki2. Jadiiii... hanya dibuka utk perempuan pada saat tertentu. Dan spt yg sdh gue bayangkan, yg ada desak2an lah di situ. Konon, siapa yg bisa sholat di situ, doanya akan dikabulkan. Insya Allah. Amiiiiin....

Pertama kali masuk Raudah, bareng sama rombongan. Trus ya masuk bergilir per bagian/rombongan. Ada Malaysia, Turki, Indonesia... macem2. Jadi para petugas (asykar) akan membagi kapan rombongan ini boleh masuk ke Raudah. Nah, suatu saat, selesai sholat Ashar, Bude tuh iseng pengen lihat Raudah lebih jelas. Waktu pertama masuk kan desak2an, jd nggak sempat lihat. Padahal di situ ada makam nabi & sahabatnya. Bude gue tuh model orang yg penasaran banget... hehehe... Berhubung gue sdh janji sama para sepupu utk menjadi escort yg baik, jadi gue ikutin deh. Daripada ilang....

Selesai sholat Ashar, kami berdua melipir2 di tengah2 rombongan. Waktu mereka masuk ke masjid, kami nggak ikut masuk, tp duduk di luarnya. Saat itulah kami bisa mengamati dengan sejelas2nya interior Masjid Nabawi. Termasuk saat atap di dalam dibuka dan ditutup lagi (nggumun... ndeso). Trus pelan2 kami "tergeser" sampai di depan Raudah. Pas di situ, kira2 sejam sebelum Maghrib... jadi tempat itu sdh mau dibersihkan (dan dilarang utk perempuan), krn akan jadi tempat sholat laki-laki. Ternyata... di masa transisi seperti ini malah petugasnya santai. Jadi kami bisa masuk Raudah pelan2... meskipun masih desak2an, kami bisa milih tempat yg lebih lega untuk sholat. Dan setelah sholat, kami bisa melihat jelas tempat2 penting di dalam masjid. Seperti tempat azan dan tempat imam. Weleh... untung gue punya Bude yg petualang! Hahahaha....

Besoknya, karena Bude pengen tahu Makam Baqi, akhirnya kami keliling Masjid Nabawi. Lagi2 Bude hahahaha.... Konon, perempuan nggak boleh masuk makam. Dan memang makam di Arab kan bukan model yg bisa dikunjungi seperti di Indonesia. Bentuk makam hanya semacam luasan tanah berpagar tinggi yang ada batu2 utk penanda. Kalau ada jemaah yg meninggal di Madinah, akan langsung dimakamkan di sini. Makanya, setiap selesai sholat wajib, pasti ada sholat jenazah.

Nah, gara2 ke makam ini, kami akhirnya keliling Masjid Nabawi. Jadi bisa lihat Raudah dari sisi luar. Nggak tau deh tuh jalannya berapa jauh. Yg jelas begitu sampai di hotel, kaki rasanya ketuker yg kanan dan kiri... hahahaha....

Tiga hari di Madinah. Pindah ke Mekkah naik bus. Jadi ambil miqot (niat umroh) di Bir Ali. Baru tahu kalau yg punya kostum wajib utk umroh hanya laki2 (pakai ihram). Kalau perempuan bebas mau pakai baju warna apa saja, yg penting tertutup rapat. Hanya menampilkan wajah, telapak tangan dan kaki sebatas mata kaki. Horeeeee... bisa centil di Masjidil Haram. Hahaha....

Sampai di Mekkah jam 11 malam. Check in hotel dan langsung ke masjid. Umroh yg pertama. Lihat Kabah udah nggak tau mau bilang apa. Speechless akhirnya bisa sampai di Baitullah. Ndomblong. Doa yg sdh dihapal ambyaaaarrrr... hanya ingat doa sapu jagad saja. Alhamdulillah banget umroh jam 2 selesai. Rasanya sudah campur aduk antara haru dan juga capek luar biasa. Bersyukur banget bisa ke sana.

Yg menyenangkan, di Masjidil Haram tidak ada waktu khusus untuk sholat sunnah. Tahajud bisa kapan saja. Sholat Duha bisa kapan saja. Wah, syedap. Silakan menanggok pahala sebanyaknya. Sekuatnya. Sholat sunnah tahiyat masjid bisa diganti dengan Thawaf (keliling Kabah 7 kali). Menyenangkan.

Karena sedang dibangun, ada banyak alat berat "berserakan" di Masjidil Haram. Tapi ada deck sementara yg dibangun keliling Kabah. Nah, gue sih lebih suka thawaf di atas deck. Meskipun kelihatannya lebih jauh, tapi lebih sepi jadi lebih nyaman. Maklum yaaa... gue kan ga suka uwel2an....

Sejak baru pertama datang, Bude sudah gemes aja pengen cium Hajar Aswad. Tapi lalu gue berhasil menenangkan. Karena toh kami akan bbrp hari di sana, baiknya pertama konsentrasi umroh dulu. Besoknya bisa datang utk sholat wajib, lalu foto2. Kalau mau coba cium Hajar Aswad atau mau pegang Rukun Yamani juga bisa. Yg penting pertama ke sana umroh dulu, mumpung masih ada tenaga.

Jadi besoknya baru kami menjelajah Masjidil Haram utk yg lain2 selain umroh. Alhamdulillah bisa sholat di Hijr Ismail. Konon ini juga tempat mustajab utk berdoa. Ya gitu deh, krn terlalu excited malah lupa nenuwun macam2... yg penting bersyukur alhamdulillah.... hehehe.... Masih ingat mendoakan kesehatan orang2 tersayang. Tapi sungguh terlupa meminta jodoh. Hiks.


Ternyata memang lebih enak kalau umroh ke Mekkah dulu (seperti Jokowi hehehe). Krn memang umroh yg wajib ya di Masjidil Haram. Kemarin itu karena sdh agak lama di Madinah, jadi perlu tekad kuat utk bisa selesaikan ibadah umrohnya. Alhamdulillah bisa umroh 2x.

Sempat juga keliling2, termasuk ke Arafah, melihat tempat haji. Kalau lagi nggak dipergunakan ya seperti padang luas biasa saja. Kosong melompong. Kebayang betapa banyaknya yg ke sana saat berhaji, sampai bisa macet. Hohohoho....

Yg agak jadi ganjalan adalah tidak adanya budaya antri yg tertib, baik di Masjid Nabawi atau di Masjidil Haram. Semua cenderung untuk mau uwel2an dan desak2an. Entah kenapa. Seperti kalau di Raudah, seandainya dibuat antrian yg bagus untuk sholat di sana, tentu akan lebih nyaman. Dan yg jelas lebih aman terutama utk mereka yg sdh berumur. Atau seperti mencium Hajar Aswad. Kenapa ya harus sampai segitunya, sampai ada "calo" yg bantuk mendesakkan orang. Lhaaa... pdh kan sdh jelas kalau mencelakai orang lain tidak boleh. Tapi ya begitu deh, budaya antri jangan2 memang nggak banyak disebut-sebut dalam ajaran agama Islam ya. Makanya susaaaaah banget menerapkannya. 

On the way ke Jakarta, pesawatnya dari Jeddah. Jadi nginap semalam di sana. Dianterin suaminya teman yg memang kerja di sana, malam itu sempat jalan2 keliling. Kotanya cukup modern. Dan ramai banget setelah jam 10 malam. Siang sampai sore lebih mirip kota mati yg gersang dan panas. Begitu malam, baru deh ramai. Termasuk anak2 juga banyak yg lari2an di pantai.

Raja Fahd membangun air mancur di laut Merah. Caranya? Dia pasang pompa raksasa utk memompa air laut ke langit. Welhadalaaaahh.... airnya jadi mancur setinggi2nya. Hahaha... dolanane wong sugih sing edan....

Selesai di Jeddah... kelar deh perjalanan umroh. 2 minggu nggak ngurus apa2 selain berdoa dan ibadah. Enak banget rasanya. Mudah2an kapan2 ke sana lagi. Amiiiin....


2 comments:

Budiana said...

ini sebenernya postingan lawas. tp ternyata nggak ke-posted. malah ada di draft. jadi baru rilis sekarang deh... hehehe....

Manda La Mendol said...

Ya Allah, luar biasa mbak... insa-allah pengen bangets sama sharuhkan umroh. Kayaknya lancar jaya gitu ya ceritanya.